Warga Lumajang, Waspada Cuaca Ekstrem dalam Sepekan ke Depan ya!

1546

Lumajang (WartaBromo.com) – Warga Lumajang diminta waspadai cuaca ekstrem dalam sepekan ini. Di antaranya hujan deras hingga puting beliung.

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi. Dalam beberapa hari ke depan, Lumajang diprediksi akan menghadapi cuaca ekstrem.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, kondisi ini akan terjadi selama sepekan ke depan. Diprakirakan, hujan disertai petir terjadi sekira pukul 13.00 WIB dengan kecepatan rata-rata angin 30 km/jam.

“Beberapa hari terakhir ini diinformasikan akan terjadi cuaca ekstrem apabila ada hujan yang disertai dengan angin kencang maupun puting beliung bisa mengamankan diri masing-masing, itu yang paling utama,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga :   Pekerja Pabrik Flow Tewas Tertabrak Mobil saat Aksi Mogok, hingga Pegawai DKUPP Kota Probolinggo Gelapkan Retribusi Pajak | Koran Online 11 Maret

Peristiwa ini telah terjadi sejak Selasa kemarin. Sejumlah pohon di Lumajang bertumbangan setelah diterjang angin kencang.

Untuk itu, Patria meminta warga segera melapor ke petugas apabila menemui pohon yang sudah lapuk. BPBD juga telah meningkatkan kewaspadaan dengan mencari pohon yang berpotensi tumbang.

“Warga juga menginformasikan kepada dinas terkait apabila ada pohon yang kondisinya mengkhawatirkan, jadi nanti bisa kita kordinasikan jadi ada tindakan,” tandasnya.

Sekadar informasi, sedikitnya ada 6 lokasi di Lumajang yang pohonnya tumbang. Tiga titik di jalan umum dan menimpa atap rumah hingga mobil.

Kemudian tiga titik lainnya yakni di area parkir Kantor Bupati Lumajang, Pendopo Arya Wiraraja dan Alun-alun Lumajang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (rul/may/ono)