Cara Cegah Ular Masuk ke Dalam Rumah, Harus Diketahui!

1548

Pasuruan (wartabromo.com) – Saat memasuki musim penghujan, tak cuma bencana alam seperti banjir saja yang harus diwaspadai. Melainkan, masuknya hewan melata berbahaya seperti ular ke dalam rumah.

Nah, kalau sudah masuk ke dalam rumah pasti sebagai penghuni merasa terancam, bukan? Untuk menghindari berbagai hal tak diinginkan sebagian besar orang berusaha mengusir ular dengan berbagai cara.

Dari pada harus mengusir, alangkah lebih baik mencegah ular masuk ke dalam rumah. Dinukil dari beberapa sumber, berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Semprotkan Cairan Kayu Manis atau Minyak Cengkeh

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan kayu manis atau minyak cengkeh ke beberapa sudut rumah. Utamakan di tempat-tempat yang berpotensi jadi jalan masuk ular.

Baca Juga :   Tips Terhindar dari Tindak Pemerkosaan, Para Perempuan Harus Tahu

Cairan kayu manis atau minyak cengkeh terbukti ampu mencegah ular masuk ke dalam rumah karena ular atau hewan melata lain tak menyukai aroma menyengat yang pedas. Bolo bisa membuat minyak cengkeh atau cairan kayu manis sendiri di rumah.

2. Jangan Letakkan Sarang Burung Dekat dengan Tanah

Tak banyak orang tahu kalau membuat sarang burung dekat dengan tanah berpotensi mendatangkan ular. Pasalnya, ular sangat suka memangsa burung ataupun tikus.

Untuk itu, apabila ingin memelihara burung usahakan membuat sangkar yang di gantung di atas. Atau bisa meletakkan di tempat yang bersih dan jauh dari jangkauan hewan melata.

3. Minimalisir Lubang

Sebagai penghuni rumah tentu harus jeli memperhatikan semua bagian tempat tinggal agar terhindar dari bahaya, salah satunya lubang. Sekalipun kecil, lubang tetap berpotensi menjadi jalan masuk hewan melata seperti ular.

Baca Juga :   Ingin Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Lakukan Ini

Segera mungkin tutup lubang tersebut jika memang tak digunakan dan jaga ruangan rumah agar tak lembab. Mengingat, ular sangat suka bersembunyi di tempat yang gelap dan lembab. (trj/may)