Tahun Ini Pemkot Bakal Realisasikan Payung “Madinah” Alun-Alun

1149

Pasuruan (WartaBromo.com) – Alun-Alun Kota Pasuruan bakal segera dipercantik. Pemkot Pasuruan tahun ini merealisasikan pembangunan payung madinah.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, payung “madinah” ini merupakan salah satu program prioritasnya dalam memperindah Kota Pasuruan.

Pemkot awalnya berencana membangun 12 buah payung madinah di alun-alun dengan meminta dukungan anggaran dari pemerintah pusat. Namun ternyata belakangan diketahui pemerintah pusat belum bisa membantu anggaran.

Pemkot akhirnya mengalokasikan anggaran sendiri melalui APBD tahun 2022. Jumlahnya tidak 12, melainkan 6 buah dengan harga masing-masing payung sekitar Rp2,5 miliar.

“Nunggu persiapan dokumen, tinggal lelang. Jadi ini beli 6 dulu dari 12,” kata Gus Ipul.

Selain payung madinah, tahun ini, pemkot juga akan membangun pusat kuliner di sekitar alun-alun yakni tepatnya di bawah menara air sisi utara.

Baca Juga :   Rencananya, 20 Saksi Dihadirkan Pada Sidang Kasus SDN Gentong

Kawasan itu akan ditata pemkot, kemudian akan disiapkan lapak-lapak kuliner yang lebih bagus, bersih, dan rapi untuk para pedagang.

“Sudah disiapkan Rp5 miliar. Itu bantuan pusat,” imbuh Gus Ipul.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu berharap kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan makin bagus dan mampu menjadi salah satu pengungkit ekonomi di sektor pariwisata, terutama karena berdekatan dengan wisata religi. (tof/may)