Calon Manten Wajib Catat, Ini Daftar Seserahan yang Wajib Ada Untuk Hantaran

977

Pasuruan (WartaBromo.com) – Seserahan dalam prosesi lamaran jelang pernikahan menjadi salah satu bagian sakral dalam budaya Indonesia yang tak boleh diabaikan. Isian hantarannya pun tak boleh asal-asalan.

Seserahan pernikahan juga menjadi simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan wanita yang dipinangnya. Barang-barang yang digunakan dalam seserahan biasanya memiliki makna sekaligus doa.

Tak heran jika sebagian calon pengantin pusing memikirkan apa saja daftar seserahan yang wajib ada. Nah, daripada bingung berikut beberapa diantaranya dilansir dari berbagai sumber:

  • Perlengkapan ibadah. Ibadah adalah tiang bagi setiap agama. Maka rumah tangga pun bertiangkan agama itu sendiri. Jadi sudah pasti isian wajib seserahan yang pertama adalah perlengkapan ibadah.
  • Perhiasan. Seserahan ini adalah simbol agar kehidupan rumah tangga selalu diberkahi rezeki yang melimpah. Untuk pihak perempuan, seserahan ini juga bermakna agar calon istri selalu bersinar dan berkilau hidupnya.
  • Pakaian dalam. Biasanya calon pengantin laki-laki akan menyerahkan pembelian isian pakaian dalam, kepada calon pengantin wanita. Makna dari seserahan ini adalah lambang keintiman dalam rumah tangga.
  • Seperangkat pakaian. Selaian pakaian dalam, pakaian luar juga wajib ada dalam hantaran. Seserahan pakaian ini memiliki arti bahwa rumah tangganya kelak tak pernah kekurangan sandang atau bisa mencukupi kebutuhan sandang.
  • Set make up. Untuk isian ini biasanya juga calon pengantin pria akan menyerahkan segalanya kepada perempuannya.Karena perempuannya yang hafal jenis make-up apa saja yang digunakan.
Baca Juga :   Ijab Qobul Salah Lebih dari 3 Kali Bisa Sebabkan Perceraian, Benarkah?

Selain keenam daftar hantara di atas, tentu berbeda daerah berbeda pula hantaran yang wajib ada. Nah, kalau Bolo kebingungan mencari perlengkapan untuk hantaran, bisa langsung klik ini. (trj)