Melihat Kontes Bonsai Nasional di Kota Pasuruan, Harga Bisa Tembus Setengah Milyar

815
Melihat Kontes Bonsai Nasional di Kota Pasuruan, Harga Bisa Tembus Setengah Milyar

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banyak gelaran menarik pada Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. Satu di antaranya yakni pameran bonsai nasional di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan.

Ratusan bonsai cantik dengan harga jual tinggi dari penjuru nusantara dipamerkan dalam event tersebut dari Sabtu 27 Agustus – 4 September 2022.

Adi Wibowo, Wakil Wali Kota Pasuruan berharap, event tersebut memantik kreativitas seniman bonsai Kota Pasuruan dan berdampak pada sektor ekonomi.

“Semakin banyak kegiatan dan keramaian akan membuat perekonomian bergeliat, UMKM akan semakin tumbuh,” kata Adi.

Ada ratusan bonsai yang diikutkan dalam kontes. Mulai dari bonsai beringin Jepang, bonsai serut, bonsai sakura, bonsai hokianti, bonsai cemara, hingga bonsai bougenville. Bonsai yang dipamerkan rata-rata berusia puluhan tahun dan berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan, salah satu bonsai serut harganya mencapai Rp 600 juta.

Melihat Kontes Bonsai Nasional di Kota Pasuruan, Harga Bisa Tembus Setengah Milyar

“Tanaman bonsai adalah salah satu komoditas yang memiliki potensi besar untuk bisa menggerakkan perekonomian,” jelas Zudan Arif Fakhrullah, Ketua Umum Rumah Bonsai Indonesia (Rubi), Sabtu (27/8/2022) kemarin.

Ia menambahkan, dengan adanya pameran ini, masyarakat bisa melihat potensi bonsai sebagai sumber-sumber pendapatan baru dan bisa menggerakkan ekonomi kreatif.

Kontes bonsai juga diikuti berbagai daerah, mulai Jakarta, Bali, Magelang, Semarang, Pasuruan, Probolinggo, Gresik, Lamongan, hingga Banyuwangi.

Sementara itu, Ketua Cabang RUBI Pasuruan Raya H. Sugeng Samiadji mengungkapkan, acara kontes tersebut ia selenggarakan agar masyarakt lebih peduli dengan merawat tanaman.  “Di event nasional ini kita bisa menghadirkan kurang lebih 350 bonsai dari berbagai darah di Indonesia,” ujar Sugeng.

Rata-rata peserta yang mengikuti kontes tersebut pernah menjuarai atau ikut perlombaan nasional dengan berbagai jenis bonsai.

“Rata-rata disini peserta sudah pernah menjuarai atau memiliki bonsai berkelas, mulai dari harga puluhan hingga Rp600 juta,” tandasnya. (don/**)