Menpan RB Apresiasi Pengembangan MPP Probolinggo

213
Menpan RB Apresiasi Pengembangan MPP Probolinggo

Dringu (WartaBromo.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas mengapresiasi pengembangan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo. Salah satunya adalah layanan drive thru.

Apresiasi itu, dilontarkan MenPAN-RB saat penandatanganan prasasti penambahan pelayanan Drive Thru Risk Based Approach (RBA) atau layanan berbasis resiko, sebuah layanan OSS UMKM di MPP pada Kamis (17/11/2022). Lokasinya berada di sisi timur eks Kantor Pemkab Probolinggo Jalan Pantura Dringu.

“Saya mengapresiasi pengembangan layanan di MPP, yakni drive thru. Mudah-mudahan ke depan dapat terus dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat,” ucap Anas.

Mantan Bupati Banyuwangi itu, berharap layanan di MPP Kabupaten Probolinggo terus berkembang. Sehingga pengurus dokumen perijinan dan layanan lainnya cukup via ponsel pintar. Tidak perlu membawa berkas fisik ke MPP dan antri untuk mendapatkan layanan.

“Berharap perluasan pelayanan ini mampu meningkatkan pelayanan sekaligus dapat meningkatkan ekonomi di daerah probolinggo dan sekitarnya,” lanjutnya.

Ia juga menginginkan daerah yang belum mempunyai MPP, meniru langkah Kabupaten Probolinggo. Pada awal diresmikan pada 18 Desember 2018, MPP Kabupaten Probolinggo merupakan yang ke 9 di Indonesia. Untuk wilayah Jawa merupakan ke 4 dan di Jawa Timur adalah yang ke 3.

“Ya semua daerah kan belum punya MPP, dapat segera mendirikannya, yang di Kabupaten Probolinggo ini termasuk yang awal mempunyai MPP dan saya senang karena dikembangkan,” tandas Anas.

Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan layanan-layanan di MPP. Supaya layanan Pemkab Probolinggo dan instansi samping, dapat maksimal. Drive thru, katanya, merupakan langkah awal dalam digitalisasi layanan.

Menpan RB Apresiasi Pengembangan MPP Probolinggo

“Ya sesuai yang diamanatkan pak menteri, kami akan terus meningkatkan layanan seperti drive thru ini. Digitalisasi layanan terus dikembangkan, mempermudah layanan dan tidak perlu lama,” kata Timbul.

Dalam acara itu, hadir Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian PANRB Herman, Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana Andrina. Juga Plt. Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur Akhmad Jazuli. Serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo. (saw/**)