Tak Aman, Pedagang Pasar Baru Probolinggo Wadul Wali Kota

178
Pedagang di Pasar Baru Kota Probolinggo resah dengan maraknya pencurian belakangan ini.

Kanigaran (WartaBromo.com) – Sejumlah lapak pedagang di Pasar Baru Kota Probolinggo dibobol pencuri belakangan ini. Merasa tak aman, para pedagang pun wadul ke Wali Kota.

Para pedagang mengatakan, nilai barang yang hilang memang tak seberapa. Akan tetapi, aksi pembobolan yang terjadi hampir tiap hari membuat mereka resah.

“Kami mau lapor polisi juga barang yang hilang tidak sampai jutaan. Tapi kalau terus-terusan begini kan ya kami bangkrut juga,” tutur salah satu pedagang, Kafid, Selasa (27/12/2022).

Barang yang hilang, adalah barang dagangan yang ada di lapak itu. Misalnya rempah-rempah seperti aneka bumbu, cabe, kayu manis, bawang putih dan lain sebagainya.

Sejauh ini, pedagang sudah melapor ke petugas pasar. Namun tidak ada progres. Pedagang berharap ada perhatian dari pemerintah setempat. Misalnya, dengan memasang kamera pengawas atau CCTV di area pasar.

Ia mengungkapkan, melihat polanya, diduga pelaku merupakan orang yang sama.

Keresahan pedagang itu pun diterima langsung Wali Kota Probolinggo, Zaenal Abidin. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan DKUPP dan UPT Pasar untuk meningkatkan pengawasan.

Saat ini, Pemkot Probolinggo tengah menyiapkan skenario untuk memindahkan pedagang ke area pasar yang rampung dibangun. Wali Kota pun meminta pedagang untuk bersabar. Sehingga upaya pemkot untuk merelokasi pedagang, bisa maksimal.

Terpisah, aksi pencurian yang melanda pedagang pasar ini, memantik keprihatinan anggota dewan.

Heri Poniman, anggota komisi III menyebut, pihaknya mendorong pemerintah untuk segera bertindak. Terkait aksi pencurian yang melanda pedagang pasar baru ini.(Lai/saw/asd)