Tercemar Limbah, Kali Wrati Jadi Merah Darah

474
Kali Wrati di Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan yang tampak memerah pada Jumat (6/1/2023).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sungai Wrati yang mengalir di Kabupaten Pasuruan mendadak berubah warna menjadi merah darah. Kuat dugaan itu terjadi akibat tercemar limbah

Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Jumat (06/01/2023) pagi. Sekitar pukul 07. 30, warga mendapati sungai yang melintasi Gempol-Beji dan Bangil itu mendadak berubah memerah.

Kepala Desa Cangkringmalang, Gufron mengungkapkan, warga desanya mengetahui air sungai berubah warna pagi tadi sekitar pukul 08.00.

“Perubahan warna sungai mengalir dari arah barat lalu masuk ke wilayah Beji,” kata Gufron.

Ia menyayangkan peristiwa yang terjadi ini, sebab selama ini pihaknya bersama warga sudah berupaya untuk menjaga kebersihan Sungai Wrati.

Senada dengan Gufron, Ketua Forum DAS Wrati, Henry Sulfianto menyesalkan kejadian ini. Henry mengaku, Forum DAS Wrati bersama masyarakat serta pihak swasta sudah menjaga kebersihan Sungai Wrati selama ini.

Ia menduga ada limbah cair yang sengaja dibuang ke Sungai Wrati sehingga menyebabkan perubahan warna sungai tersebut. Forum DAS Wrati telah melaporkan kejadian ini ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan dan Polres Pasuruan.

“Kami minta pihak berwenang segera mengambil tindakan tegas kepada yang mencemari Sungai Wrati,” ujar Henry.

Henry mengatakan, dugaan pencemaran Kali Wrati itu bukan kali pertama. Sebelumnya, peristiwa serupa juga pernah terjadi pada tahun 2020, 2021 dan 2022. (tof/asd)