Inilah 3 Radio Tertua di Dunia

300

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sampai saat ini radio masih menjadi salah satu media penyiaran yang digunakan masyarakat. Walaupun jam terbangnya tak lagi seperti dulu, namun beberapa kepentingan publik masih bergantung pada radio.

Salah satunya untuk menyiarkan berita kehilangan, pres rilis maupun untuk sekedar memutar lagu-lagu lawas. Nah, bertepatan dengan Hari Radio Sedunia pada, Senin (13/2/2023) ini selayaknya kita tahu radio tertua di dunia.

Berikut 3 radio tertua di dunia dilansir dari berbagai sumber:

1. Radio Valencia

Radio Valencia adalah radio pertama di dunia yang memulai siaran regulernya pada tahun 1905. Radio ini didirikan oleh Guglielmo Marconi dan berbasis di Valencia, Spanyol.

Radio Valencia memulai siaran reguler dengan memancarkan sinyal Morse dan menjadi salah satu sumber informasi penting bagi para pelaut yang berlayar di Laut Mediterania.

Baca Juga :   Indonesia Dijajah 350 Tahun, Hanya Mitos?

2. KDKA Radio

KDKA Radio didirikan pada tahun 1920 dan menjadi radio pertama yang mengudara secara komersial di Amerika Serikat. KDKA Radio didirikan oleh Westinghouse Electric Corporation dan berbasis di Pittsburgh, Pennsylvania.

Radio ini memulai siaran regulernya dengan menyiarkan hasil-hasil pemilu presiden AS pertama pada tahun 1920, dan berkembang menjadi salah satu radio terpopuler di AS.

3. Radio 8MK

8MK adalah radio pertama di Detroit, Michigan, AS. Radio ini memulai siaran regulernya pada tahun 1920 dan beroperasi sebagai radio komersial pertama di Detroit.

8MK menjadi salah satu radio penting bagi masyarakat Detroit dan wilayah sekitarnya dan memainkan peran penting dalam menyebarluaskan informasi dan hiburan kepada masyarakat. (trj)