Percepat Entas Kemiskinan dan Stunting, Pemkab Probolinggo Luncurkan BUS PATAS

288

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meluncurkan BUS PATAS. Satuan gugus tugas ini, berfokus pada penuntasan kemiskinan ekstrem dan stunting.

Peluncuran rogram Bersama Sinergi, Loyalitas, Mutu, Efisiensi, Kesempurnaan (BUS PATAS) digelar di ruang Madakaripura, Lt. 5 Kantor Bupati Probolinggo, Jumat sore (17 Maret 2023). Untuk memperkuat sinergi antar sektor terhadap pembangunan daerah.

Komitmen bersama BUS PATAS ditandatangani oleh Plt. Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko dan Sekdakab Ugas Irwanto. Beserta seluruh Forkopimda Kabupaten Probolinggo di hadapan ratusan perwakilan dari masing-masing OPD dan dinas terkait.0

Plt. Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko berharap, program BUS PATAS mampu menciptakan kondisi kerja yang fokus pada prioritas yang diberikan. Serta mempercepat pemberantasan kemiskinan ekstrem, pertumbuhan terhambat (stunting) dan pendidikan.

“Setidaknya pada 2023 ini, sudah melihat hasilnya. Masalah pendidikan dan kemiskinan tentu tidak mudah, tapi mudah-mudahan dengan percepatan BUS PATAS bisa menyelesaikannya,” harapnya.

Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto selaku penggagas program BUS PATAS mengatakan, sudah saatnya seluruh OPD dan lintas sektor di Kabupaten Probolinggo bersatu dan bersinergi.

Sehingga tujuan pembangunan daerah, khususnya pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) dapat tercapai. Sesuai dengan harapan bersama, yakni rakyat sejahtera.

‚ÄúDengan kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten (Probolinggo) yang terbatas, kita tidak bisa begitu saja bekerja sendiri, jika hanya soal tekad belaka. Kita harus dengan kekuatan penuh, motivasi yang tinggi, Bismillah akan tercapai,” ujarnya.

Ugas menambahkan, program tersebut diimplementasikan lewat satuan gugus tugas (Satgas) hingga ke tingkat desa. Mengintegrasikan semua data. Kemudian progres pekerjaan yang dilakukan dapat dinilai. Memudahkan dan mencari solusi ketika muncul masalah.

Selain itu, Sekda Kabupaten Probolinggo menjabarkan tiga program yang akan menjadi prioritas Satgas BUS PATAS. Masalah kesehatan meliputi gangguan pertumbuhan (stunting), angka kematian ibu dan bayi. Kedua, isu kesejahteraan sosial yang fokus pada pengentasan kemiskinan ekstrem.

“Dan ketiga, masalah pendidikan, dengan fokus pada rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah dan anakputus sekolah,” tandas mantan Kepala Bakesbangpol itu. (saw/*)