Tradisi Hari Raya Ketupat di Berbagai Daerah yang Menarik

110
Tradisi Praonan yang digelar beberapa tahun lalu.

Pasuruan (WartaBromoo.com) – Hari raya ketupat adalah salah satu perayaan yang paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak tradisi yang unik dan menarik di berbagai daerah bila momentum ini tiba.

Tak sekadar makan ketupatnya saja, hari raya ini juga dijadikan momentum untuk bermaaf-maafan, silaturahmi dan juga melaksanakan tradisi yang ada.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tradisi hari raya ketupat di berbagai daerah:

1. Pasuruan, Jawa Timur

Di Pasuruan, Jawa Timur ada tradisi unik yang dinamakan “Praonan”. Tradisi ini merupakan silaturahmi antar nelayan, yang dilakukan di atas perahu sambil berlayar ke tengah laut.

Biasanya, tradisi ini dilaksanakan setiap satu minggu setelah Hari Raya Idul Fitri, atau lebaran ketupat. Banyak masyarakat dari berbagai penjuru datang ke Pelabuhan Kota Pasuruan untuk menikmati suasana laut dengan menaiki perahu milik para nelayan.

Baca Juga :   Belasan Sopir Bus di Terminal Pandaan Dites Urine

2. Yogyakarta, Jawa Tengah

Tradisi hari raya ketupat berikutnya adalah Nyadran. Tradisi ini berupa ziarah ke makam leluhur untuk berdoa dan menghormati nenek moyang.

Selain itu, selama bulan Ramadan, penduduk setempat membuat ketupat dengan berbagai bentuk kreatif, seperti segitiga, trapesium, atau bahkan bentuk hewan.

3. Sulawesi Selatan

Di Sulawesi Selatan, Hari Raya Ketupat disebut “Hari Raya Idul Fitri To Riolo.” Masyarakat setempat mempersiapkan hidangan khas seperti ketupat, buras, dan pallubasa untuk disantap bersama keluarga dan tetangga.

Selain itu, terdapat tradisi “Ma’basa,” yaitu berdoa dan membaca syair-syair yang menyampaikan rasa syukur. Masyarakat juga mengenakan pakaian tradisional, seperti baju bodo. (trj)