Siap Punya Anak Cerdas! Ini Cara Mengasah Kreativitas Anak Usia Dini

154

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai orang tua tentu ingin buah hatinya tumbuh menjadi anak yang kreatif dan pintar. Maka tak jarang berbagai referensi tentang cara mengasah kreativitas anak usia dini banyak dicari.

Hal tersebut dilakukan karena di usia tersebut anak sedang memasuki masa golden age. Artinya, anak mudah menyerap dan meniru apa yang dilihat dan diajarkan orang tuanya.

Nah, agar tak ketinggalan jaman, berikut ada 3 cara mengasah kreativitas anak usia dini dilansir dari berbagai sumber:

1. Berikan Kesempatan Bermain Bebas

Anak usia dini sangat menyukai bermain, dan bermain merupakan salah satu cara utama mereka untuk mengungkapkan kreativitas mereka.

Berikan mereka kesempatan untuk bermain secara bebas dengan benda-benda sehari-hari atau mainan yang memungkinkan mereka menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka tanpa batasan.

Baca Juga :   Imunisasi di Tengah Pandemi Corona, Begini Solusinya!

2. Sediakan Bahan dan Media Kreatif

Sediakan berbagai bahan dan media kreatif, seperti crayon, cat air, kertas, pensil warna, atau bahan daur ulang. Anak dapat menggambar, mewarnai, membuat kerajinan tangan, atau menggambarkan ide-ide mereka melalui media ini.

Biarkan mereka bereksperimen dengan berbagai teknik dan mengembangkan keterampilan kreatif mereka.

3. Dorong Pertanyaan dan Penemuan

Dorong anak untuk selalu bertanya dan menjawab pertanyaan mereka dengan cara yang merangsang pemikiran kreatif.

Ajak mereka melakukan eksperimen sederhana, seperti mencampur warna atau menjelajahi berbagai benda di sekitar mereka. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis. (trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.