Kebakaran Savana Padam, TNBTS Buka Lagi Jalur Selatan Bromo

143

Sukapura (wartabromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sekitar Savana Bromo sudah berhasil dipadamkan. TNBTS pun membuka kembali, jalur kunjungan dari pintu selatan.

Yakni pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang dan Senduro, Kabupaten Lumajang. Pembukaan itu dilakukan per hari ini, Minggu 3 September 2023. Dalam laman resminya, TNBTS menyebut pembukaan itu dilakukan karena api sudah berhasil dipadamkan.

Kendati demikian, TNBTS tidak menyebut, berapa luasan lahan yang hangus terbakar. “Padam sejak sore kemarin,” kata Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNBTS, Ari, Minggu siang.

Selama kebakaran, dua jalur selatan tersebut memang ditutup sementara. Tepatnya sejak tanggal 1 September kemarin. Ketika itu api menjalar dari blok bantengan, sampai ke sebelah bukit teletubies.

Baca Juga :   Umat Hindu Tengger Sedang Nyepi, Jalur Bromo Ditutup Total

“Kami sendiri takut mau melintas kalau sudah kebakaran seperti itu. Apalagi mobil saya pakai bensin, bukan solar,” ujar salah satu sopir jeep, Suyud.

Dengan dibukanya jalur selatan, pihaknya pun merasa senang. Sebab bisa mengangkut lagi tamu dari wilayah Malang maupun Lumajang.

Selain itu, Savana dan Teletubies, merupakan tempat favorit wisatawan saat berkunjung ke Bromo. Maka dari itu, pembukaan kembali jalur selatan sangat dinantinya.

“Ya selama kebakaran kemarin dialihkan, tidak ke teletubies. Tapi sekarang sudah bisa,” ujarnya. (lai/saw/yog)