Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan Menyelenggarakan Bakti Katarak Gratis

662
Lobby Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan

Pasuruan (WartaBromo.com) – Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan sebagai bagian dari cabang baru jaringan eye care leader di Indonesia, JEC Eye Hospitals and Clinics menghadirkan layanan mata terlengkap dengan teknologi termutakhir pertama di Pasuruan.

Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan menyelenggarakan bakti sosial operasi katarak gratis sejak tanggal 10-13 Januari 2024 bagi 50 masyarakat yang membutuhkan di wilayah Pasuruan dan sekitarnya.

Khusus pelaksanaan 50 tindakan operasi katarak di Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan mendapat dukungan penuh dari Yayasan Abdi Husada Utama sebagai donatur

“Baksos Operasi katarak gratis ini dalam rangka menyambut Hari Jadi JEC Eye Hospitals and Clinics yang ke-40 pada 1 Februari 2024 mendatang. Dan sebagai bentuk rasa syukur atas kehadiran layanan Kesehatan mata terlengkap di kota Pasuruan,” ujar Direktur PT SPMH / JEC JAVA @ Pasuruan ujar dr. Lely Retno, SpM(K).

Dalam operasi katarak gratis kemarin, Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan benar-benar memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi penerima manfaat.

“Agar memberikan pelayanan terbaik kepada peserta operasi katarak. Tindakan operasi katarak gratis ini ditargetkan sekitar 12-13 orang per harinya selama 4 hari tersebut.” ujar Kepala Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan dr. Eka Bayu P. Warnerin, SpM.

Baca Juga :   Jadi Biang Macet, Pengelola Cimory Dipanggil Dewan

Beberapa pasien yang mendapatkan operasi katarak gratis itu juga mengaku senang. Pasalnya, penyakit katarak yang diderita pasien itu sudah bertahun-tahun tak kunjung sembuh.

Seperti yang dikatakan oleh, Julaeka (70) warga Desa Kutorejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Ia rela jauh-jauh hanya untuk bisa melakukan operasi katarak gratis di Klinik JEC JAVA @ Pasuruan tersebut.

“Dianter anak, alhamdulillah saya senang, kan sudah dua hampir tiga tahun ini menderita katarak ini,” kata Julaeka sebelum melakukan operasi gratis di klinik tersebut.

Pengobatan / Perawatan Mata Dengan Laser Mata

Hal serupa juga dikatakan oleh Hasyim (72), warga Desa Klinter, Kecamatan Kejayan itu juga mengaku senang dengan adanya baksos operasi katarak gratis tersebut. Menurutnya, ia sudah lama menantikan operasi ini.

“Alhamdulillah, bisa operasi katarak gratis. Sudah lama pengen lihat normal kembali,” tuturnya.

Inisiatif Bakti Katarak ini menguatkan komitmen JEC Group untuk berkontribusi aktif membantu memberantas kebutaan di Indonesia. Selama hampir 40 tahun kehadirannya, JEC telah secara rutin menjalankan Bakti Katarak dengan keseluruhan tindakan menjangkau lebih dari 3.000 orang dari berbagai wilayah di Nusantara.

“Penglihatan yang hilang akibat katarak menyebabkan turun bahkan lenyapnya produktivitas seseorang. Padahal kebutaan tersebut dapat direhabilitasi. Banyak orang yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan tindakan yang memadai. Bakti Katarak menjadi realisasi nyata atas kepedulian JEC kepada mereka agar kembali mendapatkan penglihatan dan hidup yang produktif,” ujar DR. dr. Johan Hutauruk, SpM(K), selaku Presiden Direktur PT NSD / JEC Eye Hospitals and Clinics.

Baca Juga :   Tak Tahan Diisolasi, 1 Pasien PDP Ngamuk dan Paksa Pulang hingga Kakek Tewas di Lahan Kosong Purwosari | Koran Online 26 Maret

Perlu diketahui juga, data angka kebutaan di Kota Pasuruan diperkirakan sekitar 1.740 jiwa per tahun dan di Kabupaten Pasuruan diperkirakan sekitar 14.160 jiwa per tahun.

Kementerian Kesehatan melalui “Peta Jalan Penanggulangan Gangguan Penglihatan di Indonesia 2017-2030”  menyampaikan, bahwa persentase kebutaan karena katarak di Jawa Timur mencapai 81,1%. Lebih tinggi dari rata-rata nasional: 77,7%.

Bahkan prevalensi  kebutaan pada penduduk usia 50 tahun ke atas di Jawa Timur mencapai 4,4% yang menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi penyumbang angka kebutaan tertinggi di Indonesia.

“Harapan kami, JEC JAVA @ Pasuruan turut berperan dalam menurunkan angka kebutaan di Jawa Timur yang menjadi Provinsi dengan angka prevalensi kebutaan tertinggi di Indonesia, khususnya wilayah Pasuruan, karena Pasuruan kini telah memiliki sarana kesehatan mata berkualitas dan terpercaya,” jelas dr Eka Bayu P. Warnerin, SpM selaku Kepala Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan.

Baca Juga :   Kemenag Kota Pasuruan Ungkap 226 CJH Batal Berangkat ke Tanah Suci Makkah
Ruang Tindakan Operasi Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan Dengan Teknologi Mutakhir

Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan beroperasi sejak 14 Desember 2023 sebagai bagian terintegrasi dari jaringan JEC Eye Hospitals and Clinics hadir menjadi sentra kesehatan mata yang menawarkan layanan secara menyeluruh berstandar internasional.

Bukan hanya melalui keunggulan teknologi mutakhir, tetapi juga sumber daya manusia yang mumpuni, mulai dari spesialis mata, hingga tenaga kesehatan dan staf pendukung lainnya. Klinik Utama Mata JEC JAVA @ Pasuruan adalah satu-satunya klinik mata di Pasuruan dengan layanan Subspesialis di bidang mata.

Berlokasi di Jl. Panglima Sudirman No. 126, Kebonagung, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, JEC JAVA @ Pasuruan menjadi cabang Klinik Utama Mata kesepuluh dari JEC Eye Hospitals and Clinics.

Di bangunan dua lantai berukuran keseluruhan 342 meter persegi, JEC JAVA @ Pasuruan menyediakan rangkaian fasilitas mutakhir seperti: 1) Layanan Katarak & Bedah Refraktif, 2) Mata Anak dan Mata Juling, 3) USG Mata, 4) Biometri & IOL Master, 5) Nd Yag Laser.

Diantaranya merupakan yang pertama hadir di Kota Pasuruan, meliputi 1) Layanan laser & implant Glaukoma, 2) Layanan laser Retina, 3) Optical Coherence Tomography (OCT), 4) Digital Foto Fundus, 5) Perimetry Humphrey, dan 6) Dry Eye Analizer. (don/**)