Indeks Reformasi Birokrasi Kota Pasuruan Capai Angka Positif

39
Saifullah Yusuf
Saifullah Yusuf, Wali Kota Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Indeks reformasi birokrasi Pemkot Pasuruan tahun 2023 mencatatkan angka positif. Capaian ini melampaui target yang diproyeksikan pemkot.

Hal ini disampaikan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam rapat paripurna I dengan agenda penyampaian Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2023 di Kantor DPRD Kota Pasuruan, Rabu (13/03/2024).

Pada tahun 2023, tema dan prioritas pembangunan Kota Pasuruan berjudul ‘’Pembangunan Infrastruktur Strategis dan Pemberdayaan Potensi Lokal’’.

Gus Ipul menyebut, sepanjang tahun 2023, banyak prestasi yang diraih pemkot. Bahkan lebih banyak dari tahun 2022, meski masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Salah satu prestasi tersebut adalah capaian indeks reformasi birokrasi yang kini berada di angka 80,08. Melampaui target yang diproyeksikan pemkot sebesar 66,22.

‘’Ini buah kerja keras bersama selama dua tahun. Meskipun efeknya tidak langsung ke masyarakat, namun untuk jangka panjang akan punya dampak yang signifikan,’’ kata Gus Ipul.

Selain itu, capaian SAKIP Pemkot Pasuruan juga menorehkan catatan apik dengan meraih predikat BB. Tak ketinggalan, adalah bagaimana indeks SPBE Kota Pasuruan yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

Di akhir paparan, Gus Ipul menyebut bahwa banyak masyarakat yang menilai perubahan positif nampak pada tingkat kebersihan Kota Pasuruan. Menurutnya, pemerintah sudah seharusnya menjadi motor penggerak yang menginspirasi warga untuk melaksanakan gerakan menjaga kebersihan.

‘’Kesadaran masyarakat mulai meningkat dalam berpartisipasi dalam upaya bersih-bersih di lingkungan masing-masing,” imbuh Gus Ipul. (tof/**)