Dramatis, Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Rumah Warga Kejayan

64

Kejayan (WartaBromo.com) – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Pasuruan mengevakuasi sarang tawon vespa yang meresahkan warga di Dusun Tumpang, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan pada Jumat (19/4/2024).

Sarang yang cukup besar tersebut ditemukan di atap teras rumah salah seorang warga. Sangat berbahaya dan dapat mematikan jika sampai menyerang manusia.

Demi keselamatan petugas dan warga sekitar, evakuasi dilaksanakan pada malam hari. Meskipun berisiko tersengat, tim Damkar berhasil mengangkut sarang tawon dan memasukkannya ke dalam karung plastik sekitar pukul 22.00 WIB.

Slamet, pemilik rumah tempat sarang tawon ditemukan, mengaku bahwa sarang tersebut telah menghuni rumahnya selama sekitar 6 bulan.

Namun, karena takut akan serangan tawon vespa, ia memilih untuk tidak mencoba menangani masalah tersebut sendiri. “Saya menghubungi damkar, nggak berani besar soalnya,” ujar Slamet.

Baca Juga :   Hotel-Hotel di Tretes Full Booked

Komandan Regu Damkar Kabupaten Pasuruan, Kamsuri, menyatakan bahwa proses evakuasi berlangsung lancar tanpa kendala. Tawon vespa, yang dikenal sebagai tawon Ndas, memiliki kecenderungan hidup berkelompok.

Dapat menyebabkan bahaya jika tidak ditangani dengan cepat. “Ini memang bahaya, kita lakukan evakuasi malam hari menghindari serangan balik tawon vespa itu,” kata Kamsuri.

Menurut Kamsuri, sarang tawon vespa merupakan ancaman serius bagi keselamatan warga sekitar. Evakuasi dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketenangan di lingkungan tersebut.

“Diharapkan warga melaporkan jika ada hewan yang membahayakan, tim akan segera turun,” tambahnya. (don/saw)