KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Caleg Terpilih Pemilu 2024, Golkar Dominasi Perolehan Kursi

667

Probolinggo (WartaBromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menggelar rapat pleno penetapan 30 calon anggota legislatif (Caleg) terpilih pada Pemilu serentak 2024. Partai Golkar mendominasi perolehan kursi legislatif di kota angin tersebut.

Pleno ini dilakukan menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memberikan landasan bagi KPU untuk melaksanakan penetapan.

Rapat pleno di Orin Resto itu, dihadiri oleh komisioner Bawaslu, Kesbangpol, Polri, TNI, dan pengurus partai politik di Kota Probolinggo.

Hasil pleno menetapkan perolehan kursi partai politik, dengan jumlah total kursi sebanyak 30.

Golkar memperoleh kursi terbanyak dengan 7 kursi. Disusul oleh PKB dengan 6 kursi, PDIP 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Nasdem 3 kursi, PKS 3 kursi, dan PPP 2 kursi.

Baca Juga :   Pria Purwodadi Bundir Tertabrak KA Karena Gagal Nikah hingga Daftar Tarif Tol Selama Lebaran | Koran Online 19 Apr

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, menyatakan setelah penetapan ini, langkah selanjutnya adalah mengirim surat kepada partai politik dan caleg terpilih untuk proses selanjutnya.

“Langkah selanjutnya, hasil penetapan akan diserahkan ke KPU Provinsi dan diunggah ke Sirekap untuk keperluan administratif selanjutnya,” ujar Hudri usai pleno yang diadakan pada Kamis (2/5/2024).

Hudri juga menjelaskan bahwa KPU masih menunggu petunjuk dari pemerintah terkait pelantikan 30 caleg terpilih lainnya. Pelantikan direncanakan pada bulan Agustus 2024.

Caleg terpilih mempunyai kewajiban untuk menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Meskipun hal tersebut bukan ranah KPU, penyelengara tetap memintanya.

“KPU tetap meminta 30 caleg terpilih untuk melaporkan LHKPN sebelum dilantik menjadi anggota DPRD Kota Probolinggo,” tandas Hudri. (saw)