Foto Buruh di Iklan Kampanye Diba’, Dilaporkan

235

Pasuruan (wartabromo) – Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Kabupaten Pasuruan menyoal munculnya foto iklan calon Bupati Pasuruan Eddy Paripurna bersama para buruh yang diterbitkan oleh salah satu harian lokal pada tanggal 25 Pebruari 2013 lalu.

Menurut Ketua SBSI Kabupaten Pasuruan, Gunawan Karyanto, dalam foto tersebut tampak salah seorang aktivis buruh SPSI yang notabene Ketua Panwascam Purwosari, Akhmad Soleh berada ditengah kerumunan massa bersama Eddy Paripurna.

“Foto itu membuat kita bertanya-tanya, jangan-jangan yang bersangkutan (Achmad Soleh, red) terlibat main mata dengan calon,” ujarnya saat berbincang dengan wartabromo.

Karenanya, pihaknya mengambil langkah tegas dengan melaporkan keberadaan iklan bertema Bangil ‘Opo Jare Kaji Mat’ tersebut ke Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pasuruan, beberapa waktu lalu.

“Kita sudah laporkan ke Panwascam biar ada tindak lanjut. Jika yang bersangkutan terbukti terlibat harus diberi sanksi. Tapi jika itu foto lama maka tim sukses pasangan Diba’ telah melakukan pembohongan publik,” tegas Gunawan.

Sementara itu menanggapi pelaporan tersebut, Akmad Soleh mengatakan jika foto iklan yang dimaksud merupakan foto yang diambil pada tahun 2010 silam saat dirinya menjadi sekretaris Panitia Hari Buruh di Taman Dayu Pandaan. Saat itu, menurutnya, Eddy Paripurna hadir sebagai Wakil Bupati Pasuruan.

“Itu foto lama, saat hari buruh dulu. Ketua Panitianya Suryono Pane yang sekarang menjabat Ketua Panwaslu Kabupaten,” jelas pria yang juga menjabat sekretaris SPSI Kabupaten Pasuruan tersebut.

Kendati demikian, atas laporan tersebut pihak Panwaslu Kabupaten Pasuruan tetap berencana untuk melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan serta tim sukses pasangan calon dengan nomer urut satu (Eddy Paripurna-Bambang Pujiono). (yog/yog)