BPBD Tak Bisa Penuhi Makin Banyak Desa Minta Air Bersih

852

pembagian air bersihPasuruan (wartabromo) – Krisis air bersih di Kabupaten Pasuruan meluas dari sebelumnya di tujuh kecamatan menjadi delapan kecamatan seiring kemarau panjang dan hujan yang tidak kunjung turun. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, mengakui ada sejumlah desa yang sudah mengajukan permohonon untuk penyaluran air bersih. Namun, permohonon tersebut tidak di penuhi karena terbentur aturan.

“Secara umum penyaluran air bersih tidak ada kendala. Memang ada bebeberapa desa yang mengajukan permohonan penyaluran air bersih,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Rabu (7/10/2015).

Menurut Bakti, setiap ada permohonan, pihaknya langsung melakukan survey. “Setelah disurvey ternyata masyarakat setempat masih bisa mengambil air bersih di tandon terdekat, jaraknya masih kurang dari 3 kilo meter,” terang Bakti.

Baca Juga :   Takut Diburu, Satu Terduga Teroris di Probolinggo Menyerahkan Diri

Perlu diketahui, lanjut Bakti,  bahwa dalam aturan di kebencanaan, penyaluran air bersih baru bisa dilaksanakan ketika jarak antara masyarakat dan sumber air lebih dari 3 kilo meter. Ditegaskan Bakti, saat ini rata-rata di semua desa sudah terpasang jaringan air bersih, berupa sumur bor dan water treatment dari program Dinas Cipta Karya. Di desa-desa tertentu memang belum mencukupi karena banyaknya jumlah dusun.

“Nah, jarak antar dusun ini tidak ada yang melebihi 3 kilo meter. Artinya ketika warga dusun A butuh air bersih, mereka kita sarankan mngambil air bersih yang sudah tersedia di dusun sebelahnya,” papar Bakti. “Kalau kita paksakan bantu, nanti kita bisa kena disclaimer dari auditor,” pungkasnya.

Baca Juga :   Kejaksaan Bangil Jamin Tak 'Main Mata' Soal Korupsi Bimtek DPRD

Desa krisis air bersih terparah ada di 23 desa dari delapan kecamatan itu antaranya Lumbang, Pasrepan, Lekok, Grati, Nguling, Kejayan, Winongan dan Puspo. Namun tidak semua desa di kecamtan yang bersangkutan, mengalami krisis air bersih.

Selain BPBD, penyaluran air bersih juga dilakukan PDAM dan sejumlah perusahaan. Bahkan seminggu terakhir, Polres Pasuruan juga menerjunkan water cannon membantu penyaluran air bersih. (fyd/fyd)