Kapiten Pasuruan Mulai Dikenalkan

410
pameran kab pasuruan
Dua orang bule pengunjung Jatim Fair yang tengah mampir ke stand Kabupaten Pasuruan, disuguhi Gahwa Kapiten Pasuruan, Kamis (8/10/2015). Foto/Warmo/Egy Sigit

Surabaya (wartabromo) – Kapiten Pasuruan atau kopi asli Kabupaten Pasuruan, mulai dikenalkan ke publik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan.

Kopi merk Kapiten Pasuruan bergambar seorang kapiten kapal jaman kerajaan yang jadi salah satu produk unggulan Kabupaten Pasuruan itu, dikenalkan dalam Jatim Fair untuk memperingati Hari Jadi Provinsi Jatim ke-70 yang dihelat di Grand City Mall Surabaya, Kamis (8/10/2015).

“Dipamerkan dulu agar dikenal, sebelum dilangsungkan soft launching. Rencananya 25 Oktober nanti di Taman Candra Wilwatikta Pandaan,” kata Saefudin Achmad, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskan, Kabupaten Pasuruan memiliki potensi hasil pertanian dan perkebunan yang besar. Salah satu di antaranya adalah hasil perkebunan berupa kopi dengan kualitas yang bagus.

Untuk mendorong dan menyemangati para petani kopi, Pemkab Pasuruan berupaya mengemasnya dalam sebuah program berkesinambungan, semua sektor saling bersinergi. Produksi pertanian harus dibarengi dengan pemasaran melalui promosi yang bagus dengan mengembangkan sentra-sentra UKM.

“Makanya kopi asli Kabupaten Pasuruan harus dikemas bagus dan jadinya Kapiten Pasuruan itu. Dengan kemasan yang bagus, jadi mudah dipromosikan dan dipasarkan. Dari situ, petani bisa diberdayakan dengan memunculkan UKM-UKM kopi,” terang Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf beberapa waktu lalu.

Dalam Jatim Fair, Kabupaten Pasuruan yang menjadi icon Provinsi Jatim itu tampil sebagai City of Charm. Yakni kota atau daerah yang memiliki pesona dengan keindahan dan potensi kekayaan alam yang melimpah.

Sebagai daerah yang menjadi icon Provinsi Jatim, Kabupaten Pasuruan dengan 10 stand, berupaya tampil sempurna. Berbagai produk unggulan daerah yang dikelilingi gunung itu, ditampilkan dengan disertai ornamen hiasan yang indah. (egy/hrj)