Paus Balin Terdampar di Perairan Paiton

954

Probolinggo (wartabromo.com) – Seekor paus balin ditemukan di pesisir Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Rabu (6/6/2018). Penemuan yang tak jauh dari area wisata Pantai Duta itu menghebohkan warga.

Informasi yang diterima wartabromo.com, paus raksasa ini ditemukan nelayan setempat pada Rabu dinihari. Saat itu, mereka hendak berangkat melaut untuk mencari ikan. Penemuan itu kemudian dikabarkan ke warga yang di daratan.

Beberapa warga sekitar hingga pengunjung Pantai Duta, berbondong-bondong untuk melihat bangkai paus, meski berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Warga penasaran karena satwa dlindungi itu baru pertama kali terdampar di perairan tersebut.

“Ditemukan warga sini yang hendak melaut. Sebelum-sebelumnya tak ada, ini baru pertama kalinya ada paus yang terdampar disini. Warga belum tau apa mau dikubur atau dibawa ke laut,” kata Kusnadi (32), warga sekitar.

Menurut Kusnadi, mamalia itu memiliki panjang sekitar 8 meter dengan lebar hampir mencapai 2 meter. Dilihat dari kulit yang sudah membusuk, diperkirakan satwa itu sudah mati sekitar empat atau lima hari yang lalu.

“Kemungkinan matinya lebih dari 3 hari, sudah membusuk mas,” tambah Kusnadi.

Berdasarkan pemeriksaan dari petugas Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, paus yang terdampar merupakan paus jenis Balin atau Mysticeti, yang berasal dari perairan Australia. Diduga kuat, raksasa laut itu mati di laut lepas lalu terbawa gelombang hingga ke perairan dangkal.

“Hasil observasi kami, ini Paus Balin. Untuk penyebab kematiannya masih kami telusuri, yang pasti matinya sudah lebih dari tiga hari,” jelas Kasi Pendayagunaan Sumber Daya Pesisir Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Yunianto. (cho/saw)