Pemilik Usaha di Kabupaten Pasuruan Urus Perizinan di Kenduren Mas

964
Warga Nguling mengantre di stan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan di Kenduren Mas untuk mengurus perizinan usaha, Rabu (24/7/2019)

Nguling (wartabromo.com) – Program unggulan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Kendaraan Urun Rembuk Masyarakat (Kenduren Mas) tak disia-siakan warga mengurus berbagai keperluan. Termasuk dalam urusan perizinan usaha.

Bersama 14 OPD lainnya, Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Pasuruan juga turut hadir di Kenduren Mas untuk melayani warga yang ingin mengurus izin usahanya.

Prayogo, Koordinator DPMPT pada program Kenduren Mas mengatakan, pihaknya turut hadir di Lapangan Nguling untuk memberikan pelayanan secara jemput bola langsung kepada warga, utamanya terkait perizinan usaha.

“Kami hadir melayani masyarakat yang kesulitan mengurus izin usaha, seperti SIUP dan PIRT serta lainnya, utamanya untuk UMKM,” terang Prayogo saat ditemui disela dirinya memberikan pelayanan kepada warga Nguling di Kenduren Mas, Rabu (24/7/2019).

Ia juga mengatakan, hadirnya pelayanan jemput bola oleh DPMPT dalam Kenduren Mas ini disambut positif oleh warga. Cukup banyak pemohon yang datang untuk mengurus keperluan ijin usahanya.

Dikatakan Prayogo, mengurus perizinan usaha sebenarnya dapat dilakukan secara online melalui Online Single Submission (OSS), tidak terikat waktu karena bisa dilakukan selama 24 jam.

“Namun banyak pula pelaku usaha yang belum melek teknologi, jadi kami bantu,” imbuhnya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk tidak menyia-nyaiakan program Kenduren Mas ini, karena masyarakat bisa mudah mengurus perizinan usaha tanpa harus jauh-jauh ke kantor pelayanan di Pemkab.

Husni, pemilik usaha catering dari Desa/Kecamatan Nguling mengaku puas dengan layanan yang disediakan Pemkab Pasuruan melalui Kenduren Mas ini. Ia mengaku sangat terbantu, lantaran tak membutuhkan waktu lama untuk mengurus SIUP serta tak membuang tenaga lebih banyak.

“Saya ngurus izin usaha pribadi, tidak perlu riwa-riwi karena tidak jauh, enak sekali dengan adanya kenduren mas ini,” ungkap Husni puas. (ptr/**)