Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, Bakal Diganti dengan Ini

729
Nadiem Makarim. Foto : Kemdikbud RI.

Jakarta (WartaBromo.com) – Nadiem Makarim pastikan bakal menghapus Ujian Nasional (UN). Pelaksanaan UN bakal diganti dengan asesmen kompetensi dan survei karakter.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengungkapkan, tahun depan UN tetap dilaksanakan untuk terakhir kalinya.

“Penyelenggaraan UN tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei karakter,” ujarnya dinukil dari Antara.

Maksudnya, kemampuan siswa untuk bernalar menggunakan Bahasa atau literasi yang bakal diujikan. Tak hanya itu, ujian juga melibatkan kemampuan bernalar dengan menggunakan matematika (numerasi) dan penguatan pendidikan karakter.

Jika ujian sebelumnya digelar pada akhir jenjang pendidikan, kini pelaksanaan ujian tersebut dilakukan oleh siswa yang berada di tingkat pertengahan. Misalnya pada siswa kelas 4, kelas 8 dan kelas 11.

Tujuannya supaya guru bisa memperbaiki kualitas pembelajaran, berdasarkan hasil uji kemampuan tersebut. Meski begitu, asesmen tersebut tidak digunakan untuk dasar siswa melanjutkan ke jenjang berikutnya.

“Arah kebijakan ini juga mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA dan TIMSS,” pungkasnya. (may/ono)