Banjir di Pasuruan Sempat Hambat Jalur Kereta Api

1201

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir yang merendam sejumlah wilayah di Pasuruan sempat  menggenangi jalur kereta api Daerah Operasional (Daop) IX tadi malam, Selasa (07/01/2020). Meski demikian, kereta api yang melaju di Daop IX dipastikan tidak terhambat.

Humas PT KAI Daop IX Mahendro menuturkan, semalam sekira pukul 19.00 WIB di antara Stasiun Bayeman dan Stasiun Grati, tepatnya di KM 85+7/9, terdapat genangan air. Tinggi genangan air sekitar 2 cm dari kop rel.

Air yang menggenangi rel diduga akibat sumbatan sampah dari hulu. Jalur sempat ditutup sementara untuk dibersihkan petugas KAI. Namun beberapa menit kemudian jalur dibuka kembali.

“Hanya ada pembatasan kecepatan. Kereta Api Probowangi lewat di jalur itu pukul 19.22 dengan kecepatan 5 km/jam,” ujar Hendro.

Baca Juga :   Gara-gara Pipa Umbulan, Gayam Gondangwetan Kebanjiran

Hendro melanjutkan, jalur antara Stasiun Bayeman dan Stasiun Grati baru bisa dilintasi kereta api dengan kecepatan normal yakni 40 km/jam pada pukul 21.27 WIB. Sementara untuk hari ini, hingga Rabu (08/01/2020) siang, Hendro memastikan jalur kereta api Daop IX aman.

Diketahui, sejak kemarin malam banjir menyapa sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan. Salah satu yang cukup parah terjadi di Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, dengan ketinggian sekitar 1 meter.

Tak jauh dari Kedawung Kulon, banjir juga merendam Desa Sadengrejo, Rejoso, Pasuruan. Pemerintah desa dan kecamatan membangun dapur darurat untuk membantu kebutuhan warga yang terdampak banjir. Selain itu banjir juga menyebabkan beberapa sekolah di Kecamatan Rejoso diliburkan. (tof/may)