Soal Corona, Bupati Pasuruan Beri Imbauan Begini

2574
SAMBUTAN: Bupati HM Irsyad Yusuf memberikan sambutan dan menyemangati peserta gowes.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Penyebaran virus corona (Covid-19/Coronavirus disease) di Indonesia membuat masyarakat resah. Berbagai langkah deteksi dini pun dilakukan sebagai sarana antisipasi.

Hal itu pula yang dilakukan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, dengan menerbitkan surat edaran resmi yang ditandatanganinya langsung, berisi 10 poin penting terkait corona.

Kesemua poin itu merupakan langkah-langkah deteksi dini yang dapat dilakukan warga Kabupaten Pasuruan khususnya dalam mencegah virus corona. Utamanya, bagi warga yang sedang atau akan melakukan perjalanan ke daerah wabah.

Warga yang sedang atau akan melakukan perjalanan ke daerah wabah, diimbau agar tetap menjaga kesehatan. Selain itu segera datangi layanan fasilitas kesehatan jika merasa timbul gejala seperti demam, batuk, dan susah bernapas pasca perjalanan.

Baca Juga :   Pemkot-MUI Imbau Tidak Selenggarakan Khataman Quran Keliling

Pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan gaya hidup sehat. Berikut anjuran Gus Irsyad dalam surat edarannya:

  1. Menjaga kebersihan tangan secara rutin dengan mencuci tangan dengan baik dan benar;
  2. Hindari mengusap mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan;
  3. Menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk;
  4. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan saat ditemukan gejala penyakit saluran pernafasan;
  5. Istirahat bila sedang sakit;
  6. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur;

Adapun cara mencuci tangan yang baik dan benar yakni menggunakan sabun dan dibilas menggunakan air bersih yang mengalir selama 20 detik. Selanjutnya, keringkan menggunakan handuk atau tissur sekali pakai. Selain menggunakan sabun dan air, hand sanitizer alkohol 70-80% juga bisa jadi pilihan.

Baca Juga :   Hanya 1 Menit, Motor di Kos-an Pandaan Raib Disikat Maling

Selain menjaga pola hidup sehat, usahakan untuk menghindari kontak dengan hewan liar, selain juga orang yang sakit infeksi saluran pernapasan. Usahakan memasak daging dan telur sampai matang.

Terakhir, Gus Irsyad juga menekankan agar warga tak memberikan reaksi berlebihan terhadap virus corona. (bel/ono)