Batasi Aktivitas di Luar, Ini Stok Makanan yang Harus Disiapkan

5475

Pasuruan (Wartabromo.com) – Menyusul kebijakan membatasi aktivitas di luar rumah akibat virus corona, segala aktivitas lebih banyak dihabiskan di rumah. Hal itu membuat banyak orang berlomba menimbun berbagai keperluan rumah tangga, termasuk bahan makanan.

Mengutip beberapa sumber, bahan makanan di bawah ini bisa jadi inspirasi stok makanan yang tahan lama.

1. Makanan kaleng

Urutan pertama, jatuh kepada makanan kaleng. Ya, makanan yang dikemas dalam kaleng memang pilihan terbaik untuk disimpan.

Bagaimana tidak, makanan kaleng dapat bertahan lama walaupun disimpan dalam suhu ruangan. Bahkan ada yang tahan 1-2 tahun setelah produksi.

Makanan kaleng yang bisa jadi pilihan antara lain, buah, sayur dan ikan. Sesuaikan menu dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

2. Frozen food

Selain makanan kaleng, frozen food juga memiliki daya simpan lama yang bisa dijadikan alternatif stok makanan. Apalagi, zaman sekarang berbagai makanan olahan yang dibekukan mudah ditemukan di pasaran.

Sayuran, daging mentah atau olahan daging, hingga aneka pastry bisa jadi pilihan. Jangan lupa, perhatikan kapasitas freezer di rumah agar tidak kalap menyimpan terlalu banyak frozen food.

3. Makanan Ringan dan Instan

Berbagai camilan dan makanan instan jangan sampai lupa masuk daftar stok makanan. Jenis makanan ini bersifat kering, sehingga masa simpannya lama.

Meskipun aneka camilan kemasan seperti keripik kentang, biskuit, permen, atau yang lain, sampai makanan minuman instan tak terlalu baik untuk kesehatan, keberadaannya dapat membantu saat kondisi darurat.

4. Bumbu dapur

Yaps, saat di rumah, bumbu dapur menjadi hal wajib. Pasalnya, denagn adanya bumbu dapur, menu makanan yang dikonsumsi akan lebih higienis.

Nah, bumbu dapur kering bisa jadi pilihan saat bumbu dapur segar habis. Beragam saus, rempah bubuk hingga penyedap rasa bisa disimpan dalam waktu cukup lama.

Perlu diingat kembali, tetap harus bijak. Pilihlah jenis bumbu sesuai kebutuhan, agar tidak terbuang sia-sia.

5. Makanan alami dengan daya simpan lama

Selain makanan kaleng dan frozen food, perlu juga menyimpan makanan alami, tapi yang memiliki daya simpan lebih lama. Kentang dan telur misalnya.

Kentang dan telur memiliki masa simpan lebih lama dari makanan alami lainnya, asal penyimpanan benar. Kentang bisa sebagai sumber karbohidrat. Sedangkan telur bisa disimpan sebagai pengganti asupan protein.

Apalagi, telur dan kentang dapat diolah menjadi berbagai menu. Pasti gak akan bosen saat menyantapnya.

Meski harus stok, namun bolo warmo tak boleh panic buying ya. Tetap beli sesuai kebutuhan ya. (bel/may)