Meski Diyakini Negatif, Balita ini Masuk Daftar PDP ke-2 di Kabupaten Probolinggo

1444

Dringu (wartabromo.com) – Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) atau suspect corona di Kabupaten Probolinggo, bertambah. PDP kedua ini adalah seorang bocah berusia tiga tahun, terbilang Balita.

Sebelumnya, Balita ini punya riwayat bepergian ke daerah episentrum lokal penyebaran virus corona, tepatnya Surabaya. Ia dibawa orangtuanya menghadiri resepsi pernikahan kenalannya. Keluarganya sendiri,. saat ini masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP).

Dengam begitu, total saat ada 2 suspect teridentifikasi atau PDP. Sebelumnya pada Jumat, Maret 2020, seorang Lansia perempuan berusia 66 tahun, dinyatakan PDP, setelah melakukan perjalanan ibadah umrah.

Jubir Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Pemkab Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto menyebut, pihaknya sudah melakukan penanganan sebagaimana protokol kesehatan terkait corona.

“Untuk Lansia, kami rujuk ke rumah sakit di Sidoarjo. Sedangkan Balita-nya, ke RSSA Malang,” kata Anang pada, Sabtu (21/3/2010) sore.

Kedua pasien itu menurut Anang, dirujuk ke rumah sakit rujukan dengan waktu berbeda pada hari ini. Untuk Lansia, dirujuk pukul 13.30 WIB, sedangkan balita, dirujuk pada pukul 15.00 WIB. “Keduanya pun, dikabarkan sudah sampai di rumah sakit rujukan masing-masing,” lanjutnya.

Sejauh ini, data dari Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Pemkab Probolinggo, total ada 2 suspect corona. 164 orang dengan risiko (ODR), dan 9 orang dalam pemantauan (ODP).

“Sementara ini belum ada pasien yang dinyatakan positif corona,” tutup dr. Anang. (lai/saw)