Pekerja PLTU Batang dan Kakek asal Dringu Positif Covid-19

3641

Kraksaan (wartabromo.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengonfirmasi 2 warga positif corona. Keduanya diketahui memiliki riyawat penularan yang berbeda.

Juru Bicara dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkap, pasien nomor 20 diketahui seorang pria berumur 44 tahun, merupakan warga Kecamatan Krejengan.

Sementara pasien ke-21 positif Covid-19 juga berjenis kelamin laki-laki, berusia 60 tahun berasal dari Kecamatan Dringu. “Riwayat penularan kedua pasien ini berbeda,” kata Anang, Minggu (3/5/2020) petang.

Untuk pasien nomor 20, merupakan seorang pemudik. Ia adalah pekerja di proyek PLTU Batang, Jawa Tengah. Merupakan penemuan dari hasil cek poin dan proses karantina desa. Saat diperiksa di tempat karantina, ternyata reaktif rapid test. Setelah reaktif rapid test, langsung diarahkan ke ruang isolasi mandiri berlanjut dengan tes swab. Hari ini, hasil swab-nya keluar dan dinyatakan positif.

Baca Juga :   Lewat Pantura Probolinggo, Jangan Lupa Cicipi Lezatnya Ikan Asap Randuputih

“Tracking-nya tidak terlalu banyak karena dia langsung masuk ke tempat karantina begitu datang dari Batang. Jadi kontaknya tidak terlalu luas. Tapi kita tetap akan melakukan tracking kepada orang-orang terdekatnya,” terang Anang.

Sedangkan terhadap kakek, disebutnya merupakan kontak erat dari balita dari Dringu yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, pekan lalu.

“Merupakan hasil tracking yang kita lakukan dari pasien positif balita. Kita akan tetap melakukan tracking lebih lanjut terhadap kontak erat dengan kakek tersebut, untuk mengantisipasi hal-hal terburuk,” ungkapnya.

Saat ini, di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) sebanyak 21 orang, setelah sebelumnya mencapai 19 orang.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 47 orang. Sebanyak 17 pasien masih dalam pengawasan, 13 orang selesai diawasi, dan 17 PDP meninggal dunia.

Baca Juga :   Koran Online 9 Juli : KPK Sebut Anggota DPRD Lumajang Tak Lapor Kekayaan hingga Terungkap Alasan Teno Ditunjuk Jadi Ketua DPC PDIP

Selain itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 419 orang. Dari jumlah itu 92 orang dalam pemantauan, 323 orang selesai dipantau, dan 4 orang yang dipantau telah meninggal dunia. (cho/saw)