Smartphone Rawan ‘Kebobolan’? Ini Cara Mencegahnya

610

Pasuruan (Wartabromo.com) – Teknologi yang serba praktis, membuat banyak orang tak lepas dari smartphone. Berbagai data pribadi acap kali tersimpan di perangkat pintar satu ini dan rawan kebobolan.

Nah, sebagi pengguna, ada baiknya terus berupaya menjaga keamanan perangkat ponsel pintar. Lantas, apa saja yang harus diperiksa agar ponsel aman?

1. Aplikasi

Kok memeriksa aplikasi?

Mengutip viva, untuk menjaga keamanan, pengguna harus mengawali dengan memeriksa aplikasi. Pastikan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. Pasalnya, menghindari potensi menjadi korban mata-mata atau pencuri dari aplikasi berbahaya di ponsel.

Selain itu, dengan membuat ruang lebih longgar, pengguna bisa merasakan kinerja ponsel lebih optimal serta masa pakai baterai yang lebih lama.

2. Izin aplikasi

Pengguna ponsel pintar pasti tak asing dengan izin aplikasi. Perlu diingat, jangan membagikan hak pengguna saat memasang aplikasi baru. Biasanya, semakin banyak izin yang dimiliki, semakin banyak pula peluang aplikasi untuk melakukan ‘sesuatu’, tak terkecuali data pribadi.

Pastikan memberi izin aplikasi seminimal mungkin. Berikan izin pada aplikasi jika aplikasi tersebut terpercaya. Jangan ragu untuk mencabut izin aplikasi jika dirasa tidak perlu.

3. Pembaruan aplikasi

Ternyata, pembaruan aplikasi juga penting dilakukan. Itu lantaran aplikasi versi baru dapat memperbaiki kerentanan dan melindungi dari serangan.

Jadi, jangan lupa selalu melakukan pemeriksaan secara berkala ya? (bel/may)