Kamar Mandimu Sempit? Begini Tips Agar Terlihat Luas

1634

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bagi sebagian orang, kamar mandi mungkin jadi tempat mencari inspirasi. Kenyamanannya pun menjadi poin penting.

Mengutip Kompas, kamar mandi di kota besar biasanya berukuran mungil. Lantas, bagaimana caranya agar kamar mandi tampak luas adan nyaman?

Simak uraiannya berikut.

1. Hilangkan semua barang yang tidak perlu

Pertama-tama, pastikan menata kamar mandi dan memilah barang-barang yang tidak perlu. Letakkan barang yang masih digunakan di tempat khusus agar tampak rapi. Pilihlah wadah rak terbuka sebagai wadah untuk meningkatkan efek kedalaman. Pasalnya, rak tertutup hanya akan membuat tampilan ruangan terlihat sempit.

Selain menata barang, penggunaan bak mandi juga bisa diganti dengan shower. Tujuannya, untuk memaksimalkan ruang. Apabila tidak ingin menggunakan shower, pilihlah bak berukuran mungil, sehingga penggunaan ruang bisa maksimal.

2. Penempatan keramik

Siapa sangka, penempatan keramik yang tepat juga mempengaruhi nuansa sempit atau luasnya kamar mandi. Gimana sih pilih keramik yang cocok supaya kamar mandi terlihat luas?

Pilihlah keramik berbentuk persegi panjang. Hindari bentuk bujur sangkar. Tak hanya itu, pemasangannya pun juga perlu diperhatikan. Apabila ingin memberi kesan langit-langit lebih tinggi, pasang keramik secara horizontal. Sementara, jika ingin memberi kesan ruangan lebar,  pasang keramik secara vertikal.

3. Cat langit-langit dengan warna sama

Warna cat pada langit-langit kamar mandi yang sama dengan dinding akan menciptakan ilusi kesinambungan. Nah, kesesuaian warna ini nantinya akan membuat kesan ruangan menjadi lebih luas.

4. Kaca transparan

Kalau yang satu ini pasti sudah menjadi rahasia umum. Kaca transparan sering digunakan untuk design interior untuk menciptakan kesan ruangan luas.

Hal itu juga berlaku untuk kamar mandi. Konsep ini bisa digunakan ketika dalam kamar mandi ada sekat pemisah antar ruang di kamar mandi.

5. Cahaya alami

Jika memungkinkan, biarkan cahaya alami masuk ke kamar mandi. Cahaya yang cukup terang sering membuat ruang tampak megah. Jadi, pastikan untuk senantiasa menjaga kebersihannya agar cahaya dengan leluasa masuk ke dalam ruangan.

Bagaimana, mudah bukan? (bel/ono)