Libur Panjang, Bromo Diserbu Wisatawan

934

Probolinggo (wartabromo.com) – Kunjungan wisata Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo selama libur panjang penuh. Protokol kesehatan secara ketat tetap diberlakukan.

“Tiket kunjungan Bromo sudah full booking,” kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Sarif Hidayat kepada wartabromo.com melalui pesan singkat.

Untuk memaksimalkan pelayanan selama libur panjang, TNBTS menerjunkan petugas tambahan di pintu masuk. Sebab, pengelola menerapkan sistem kuota kunjungan pada setiap titik. Hal itu, untuk menghindari penumpukan wisatawan, mencegah penyebaran virus corona.

Kuota wisatawan di Gunung Bromo saat ini sebanyak 40 persen atau 1.265 orang dari total kapasitas. Rinciannya, Site Penanjakan 250 orang, Site Bukit Kedaluh 129 orang, Site Bukit Cinta 42 orang, Site Mentigen 150 orang, dan Site Savana Teletubies sebanyak 694.

Wisatawan yang datang ke Bromo harus menjalankan protokol kesehatan Covid-19, semisal memakai masker dan jaga jarak. Wisatawan juga harus membawa surat keterangan bebas infeksi saluran pernafasan akut.

“Menghadapi libur panjang, meskipun sudah menggunakan sistem kuota, kita tetap akan optimalkan petugas non-pintu masuk (BKO) yang dikoordinir oleh seksi dan atau bidang wilayah masing-masing, untuk mengantisipasi dan mendukung kegiatan pelayanan di pintu masuk,” terangnya. (saw/ono)