Musim Liburan, Dua Air Terjun di Prigen Kebanjiran Wisatawan

1752

 

Prigen (WartaBromo.com) – Liburan panjang membuat dua air terjun di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan kebanjiran pengunjung. Keduanya adalah air terjun Kakek Bodo dan Putuk Truno.

Erik Subagyo, kepala Pengelola Air Terjun Kakek Bodo menerangkan, lonjakan pengunjung terjadi pada Kamis (29/10/2020), bertepatan dengan tanggal merah Maulid Nabi.

Hari itu, kata dia, pengunjung yang datang mencapai 430 orang. Namun, keesokan harinya (Jumat, 30/10/2020) wisatawan yang datang kembali melandai.

“Saya pikir ada lonjakan pengunjung, ternyata tidak, sama seperti hari biasa, kalau kamis memang ada peningkatan, sekitar 430 pengunjung,” ungkapnya saat ditemui WartaBromo (30/10/2020).

Ia memperkirakan pengunjung kembali ramai pada Minggu (1/11) esok. Dijelaskannya, rata-rata wisatawan berasal dari Surabaya dan Sidoarjo.

Baca Juga :   Keindahan Hotel di Labuan Bajo

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya pihaknya menghimbau wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Karena itu, untuk melakukan pemantauan, pihaknya bekerjasama dengan Pol PP, Polsek dan juga Koramil Prigen.

“Kami tidak ingin wisata Kakek Bodo menjadi cluster baru, maka dari itu kita tetap waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan,” terangnya.

Di tempat yang berbeda, peningkatan wisatawan juga terjadi ada Air Terjun Putuk Truno. Pada Kamis (29/10/2020) wisatawan yang datang mencapai 447 orang.

Jono, petugas loket Putuk Truno, mengungkapkan, lonjakan pengunjung itu sudah terpanrau sejak Rabu (28/10), tepat di hari pertama libur panjang. “Masih di angka 100-an, kalau hari ini tadi 114 pengunjung,” ungkapnya.

Baca Juga :   Razia Watu Adem, 13 PSK Dijaring Petugas

Selama bulan Oktober, Air Terjun Putuk Truno sudah mencatat sekitar 4.000 pengunjung. Sejak dibuka lagi pada 3 Oktober 2020, pasca penurunan status Kabupaten Pasuruan dari merah menjadi oranye. (oel/asd)