Dukun Banyuwangi Bentuk Organisasi, Punya Program Festival Santet

2974
Deklarasi dukun di Banyuwangi. Foto: Istimewa.

Banyuwangi (WartaBromo.com) – Dukun di Banyuwangi membentuk organisasi Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu). Uniknya, perkumpulan dukun ini berencana menggelar festival santet dan destinasi mistis.

Organisasi baru ini melakukan deklarasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Mereka meresmikan Perdunu sekaligus memaparkan program kerjanya.

“Program kerja kita paling dekat adalah doa bersama dan kegiatan pengobatan gratis,” ujar Ketua Umum Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan dilansir dari detik pada Rabu (3/2/2021).

Proker lain yang tak kalah keren yakni bakal adanya Festival Santet. Gelaran ini direncanakan terlaksana pada Bulan Suro atau Muharam. Jangan salah ya, festival santet ini bukan dalam rangka melakukan santet kepada orang. Namun, untuk mengenalkan ilmu spiritual yang jadi khas di Banyuwangi.

“Kita akan menggelar Festival Santet. Banyak macam yang akan kita gelar di festival itu. Nanti bagaimana pengenalan orang terkena santet atau sihir,” lanjutnya.

Ada juga rencana untuk tour ke tempat yang terkenal mistis. Apalagi di Banyuwangi ada banyak wilayah yang dikenal memiliki misteri tersendiri.

“Dan juga kita kenalkan destinasi mistis di Banyuwangi. Ada 3 kalau ndak salah tadi usulannya. Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga,” tandasnya.

Selain bertujuan untuk edukasi dan wisata, Perdunu diharapkan bisa membantu warga supaya tidak tertipu adanya dukun abal-abal. (may/ono)

Baca juga: Ngeri! Begini Tanda Jin Mencintaimu