Pemkab Siapkan Dana untuk Perbaikan Rumah Korban Banjir Bandang Gempol

1019

 

Gempol (WartaBromo.com) – Sejumlah rumah warga Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, mengalami rusak sedang-berat akibat diterjang banjir bandang, Rabu (3/2/2021). Pemkab Pasuruan menyiapkan bantuan perbaikan untuk rumah warga yang rusak.

Bupati Pasuruan, H.M. Irsyad Yusuf menjelaskan, pihaknya akan menginventarisasi rumah-rumah warga yang rusak.

“Selanjutnya, kami akan memberikan dana BTT (Biaya Tidak Bertuga) kami untuk sedikit membantu mendirikan pembangunan rumah-rumah bagi korban,” kata Bupati, saat meninjau lokasi bencana, Jumat (5/2/2021).

Dari data yang dihimpun WartaBromo., sedikitnya 39 rumah rusak, dan 56 KK terdampak banjir. Secara rinci, 6 rumah warga Dusun Kepulungan II rata dengan tanah. Salah satunya milik keluarga korban meninggal.

Sedangkan 19 rumah mengalami rusak berat dan tidak layak huni yang tersebar di Dusun Arcopodo dan Kepulungan II. Dan 14 rumah di dua dusun tersebut mengalami rusak sedang, seperti dapur, teras, dan kamar yang ikut tersapu air bah.

Baca Juga :   Ini Foto-Foto Penampakan Banjir Pasuruan

Tidak hanya rumah, air bah juga menyapu 1 sekolah dan 1 kantor. RA al-Munawar rusak berat dan tidak layak digunakan kegiatan belajar. Ruangan kantor BUMDes setempat juga rusak tersapu air bah.

Jembatan penghubung Dusun Kepulungan II dan Dusun Betas juga ambrol tersapu air bah. Ditaksir kerugian yang dialami warga setempat mencapai Rp 2 miliar. (oel/asd)