Ada Penelitian DNA Jenglot Secara Medis, Gimana Hasilnya ya?

885

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jenglot, makhluk yang seringkali disangka manusia mini selalu menarik untuk dibahas. Bahkan pernah ada penelitian mengenai DNA jenglot untuk mengatasi penasaran manusia.

Penelitian ini berusaha menguak hal dari jenglot. Seperti asal – usul hingga kandungan jenglot. Lalu bagaimana hasilnya?

Berdasarkan buku Enigma 2 mengenai Menguak Fakta-fakta Misterius Paling Fenomenal di Dunia yang ditulis oleh Sam, disebutkan pernah ada penelitian jenglot. Peneliti berasal dari Tim Forensik Rumah Sakit Cipto Mangukusumo.

Saat itu, peneliti melakukan uji sinar X pada makhluk mini ini. Jenglot didapatkan dari salah satu warga yang bernama Hendra.

Hasilnya, jenglot tidak memiliki struktur tulang. Hanya ada bentuk struktur seperti penyangga yang menyambungkan dari kepala hingga badan. Meski sering disebut sebagai manusia mini, nyatanya jenglot tidak memiliki struktur layaknya manusia. Tidak ditemukan jaringan kuku hingga empat gigi pada jenglot.

Namun demikian, hasil berbeda didapatkan oleh ahli forensic di Universitas Indonesia, dr Djaja Surya Atmaja. Saat meneliti jenglot, Ia menemukan adanya karakterisitik DNA pada kulit makhluk ini dengan manusia.

“Saya kaget dengan kenyataan ini,” katanya dinukil dari DetikCom.

Meski penemuan ini cukup mengejutkan dr Djaja, namun Ia menyebut hasil tersebut bisa meleset. Sebab sample kulit tangan jenglot yang diambil bisa saja terkontaminasi DNA manusia. Bukan asli dari jenglot.

“Misalnya, kulit jenglot sebelumnya terkena olesan darah manusia,” tambahnya.

Nah, ada juga yang beranggapan jika jenglot ini makhluk hidup. Sebab beberapa paranormal menyebut jika jenglot merupakan jelmaan dari orang sakti atau petapa dari ribuan tahun yang lalu.

Dokter Budi Pramono, seorang peneliti kemudian memberikan bantahan pada hal tersebut.

“Makhluk hidup itu perlu makan dan bernapas. Lalu strukturnya perlu tulang, jantung, paru, dan lain-lain. Jenglot tak mempunyai itu semua,” katanya dinukil dari Tribun.

Ia pun menyimpulkan jika jenglot sama dengan hal mistis lain, yang tidak mengandung tantangan ilmiah. (may/ono)

Baca juga: Ngeri! Ini Fakta Pesugihan Jenglot, Menarik Harta yang Terpendam dari Dalam Tanah