Kehidupan dalam Filosofi Pohon Kelapa

443

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dalam hidup sudah seharusnya setiap individu bisa menebar kebaikan pada sesama manusia. Seperti halnya tumbuhan kelapa yang bermanfaat dari akar hingga buah.

Filosofi pohon kelapa menjadi kisah yang kerap dijadikan pedoman kehidupan. Sebagaimana diketahui, semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan.

“Kita sebagai manusia harus seperti itu, misalnya batang kelapa untuk membangun rumah, buahnya untuk dikonsumsi, kulitya untuk kerajinan atau bahkan akarnya untuk membuat sapu,” tutur Munif Armuza saat menyampaikan tausiyah di program Ngalim Wartabromo, pada (15/04/2021)

Menalaah kisah tentang pohon kelapa tersebut, tentunya sebagai manusia juga harus bisa seperti itu. Saling menebarkan kebaikan, kemanfaatan dan jangan pula memiliki musuh.

Mengingat, manusia hidup di muka bumi hanya sementara. Oleh karena itu, Ustaz Munif mengingatkan sudah sebaiknya sebagai manusia hidup mencontoh pohon kelapa. Berusaha bermanfaat untuk sesama agar kebaikan-kebaikan terus mengalir.

Khususnya di malam Lailatul Qadar yang nantinya akan datang di bulan Ramadan. Kata Ustaz Munif, manfaatkan sebaik mungkin agar kita tidak tergolong manusia yang merugi. (trj/may)