Suka Pakai Perhiasan? Begini Tips Merawat Perhiasan Emas Agar Tak Mudah Pudar

541
Tips Merawat Perhiasan Emas
Tips Merawat Perhiasan Emas

Pasuruan (wartabromo.com) – Selama ini, kaum hawa identik dengan gemar memakai perhiasan berbahan emas. Tak hanya memakai, ada juga yang suka sekedar mengkoleksi, baik untuk tabungan maupun investasi.

Lantas, pernahkah mengalami warna perhiasan emas yang dipakai atau disimpan warnanya tiba-tiba memudar? Jika pernah, lalu apa kira-kira yang menyebabkan warna perhiasan emas memudar?

Tentunya, ada banyak faktor yang menyebabkan perhiasan memudar dan berubah warna tiba-tiba. Seperti disimpan di dalam lemari kayu dan sering terpapar bahan kimiawi terlalu sering.

Nah jika demikian, apakah ada tips merawat perhiasan emas agar tak mudah mudar? Dilansir dari beberapa sumber, begini tips yang bisa dilakukan:

1. Jangan Membiarkan Perhiasan Terpapar Bahan Kimiawi Terlalu Sering

Menurut Erwin Suganda, Direktur Kreatif Produsen Perhaisan, emas sebaiknya memang tidak terlalu sering terpapar bahan kimiawi. Seperti keringat, sabun mandi, dan sampo.

Kenapa? karena pada saat terpapar bahan kimiawi, ada proses oksidasi yang dapat memudarkan kandungan emas dalam perhiasan. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakan saat memakai perhiasan emas tidak terkena sabun.

Juga saat berolahraga, sangat disarankan untuk melepas perhiasan yang dipakai. Tujuannya tidak lain agar warna perhiasan tetap bagus dan awet.

2. Hindari Menumpuk Perhiasan

Tips merawat perhiasan emas agar tak mudah pudar selanjutnya adalah menghindari menumpuk perhiasan. Pasalnya, apabila ditumpuk, perhiasan emas berisiko tergesek dan rawan tergores.

Seperti yang diketahui, perhiasan yang sudah tergores, maka warnanya akan memudar dan menimbulkan tanda baret. Maka, untuk menghilangkan baretnya harus disepuh lagi.

3. Rajin Membersihkan dan Rendam dengan Air Hangat

Bagi yang malas melepas perhiasan saat beraktivitas, apakah tidak ada solusi lain agar perhiasan emas tidak lekas pudar? Tentu saja ada. Yaitu dengan rajin membersihkan dan meredamnya dengan air hangat.

Namun, perlu diingat, saat merendamnya jangan terlalu lama alias rendam pada waktu secukupnya saja. Lantas, bagaimana jika kotoran yang menempel sulit hilang? Disarankan, sesekali mencuci dengan sabun cuci piring.

Dan, pastikan sambil digosok perlahan. Setelah itu, lap menggunakan kain halus atau lebih aman menggunakan lap yang digunakan untuk membersihkan kacamata, agar emas tidak tergores. (trj/may)