Berbenah, Begini Penampakan Wisata Umbulan Park

3266
Umbulan Park.
Umbulan Park.

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah telah melakukan beberapa rehab di wisata Umbulan Park. Di antaranya dengan memasang peneduh hingga pagar keliling di lingkungan wisata.

Any Virgyani, PPK Bina Penataan Bangunan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Kementerian PUPR mengatakan, ada beberapa pengoptimalan yang telah selesai dilakukan oleh pihaknya. Mulai dari pemasangann filter kolam dan tempat peneduh yang dipasang di atas kolam.

“Sudah selesai. Saat ini sudah bisa digunakan,” katanya, Sabtu (23/10/2021).

Ia juga menjelaskan, anggaran yang digunakan untuk pengoptimalan tersebut berkisar Rp 1 miliar dari dana APBN. Pembangunan itu juga tidak langsung dilakukan secara serentak, namun bertahap.

Umbulan park

“Dimulai dengan perbaikan kios pedagang yang kanopi di depannya menyebabkan air hujan masuk kedalam kios,” tuturnya.

Sementara itu, Wahyu Kasi Air Minum PU Cipta Karya Provinsi Jawa Timur menjelaskan, pihaknya telah melakukan pekerjaan pengaliran air dari sumber Umbulan di beberapa fasilitas umbulan parka. Antara lain, ke kolam, Musholla, Panggung, Daya listrik, Water boom serta juga slurutan bermain anak-anak.

Untuk program APBN kementerian PUPR masih belum diketahui pasti. Namun, PUPR akan melaksanakan giat kerja bakti masal bersama masyarakat yang rencana dilakukan pada bulan depan.

“Waktu pastinya dan bersamaan dengan event apa saya belum dapat kabar lebih lanjut,” tuturnya.

Sekedar diketahui, sejumlah wisata di Kabupaten Pasuruan masih ditutup karena masih terkendala PPKM, termasuk Umbulan Park. (don/may)