Daftar 3 Varian Kopi Termahal di Dunia, Apa Saja?

1922

Pasuruan (wartabromo.com) – Ada banyak varian biji kopi di dunia ini. Tapi, beberapa di antaranya dijual dengan harga fantastis sehingga diklaim sebagai kopi termahal di dunia.

Klaim tersebut tentu tak serta merta muncul tanpa alasan, melainkan ada beberapa faktor pendukungnya. Mulai kelangkaan biji kopi tersebut, proses mendapatkannya susah hingga tak dapat tumbuh di sembarang tempat.

Penasaran apa saja varian kopi termahal itu? Dilansir dari kompas.com, berikut tiga diantaranya:

1. Finca El Injerto Coffee

Di tahun 2012 varian biji kopi ini dijual dengan harga sekitar 500 dolar per pound (453 gram), atau sekitar Rp7,4 juta. Namun saat ini kopi Finca El Injerto Coffee dijual seharga Rp372 ribu per 250 gram.

Baca Juga :   Kopi Cegah Kantuk, Mitos atau Fakta?

Harga mahal ini ditetapkan karena proses mendapatkannya cukup sulit. Pasalnya, biji kopi jenis Bourbon ini sangat langka dan hanya tumbuh di ketinggian 1.500-1.900 di atas permukaan laut.

2. Hacienda La Esmeralda Coffee

Harga kopi Hacienda La Esmeralda Coffee juga tak kalah fantastis dari Finca El Injerto Coffee. Hacienda La Esmeralda Coffee memiliki harga jual mencapai 350 dollar AS per pound atau Rp5,1 juta per pound.

Mahalnya harga tersebut karena varian biji kopi satu ini banyak memenangkan penghargaan. Ditambah Hacienda La Esmeralda Coffee ditanam di Panama di sisi Mt. Baru.

3. Kopi Luwak

Harga kopi termahal berikutnya diklaim oleh kopi Luwak. Varian kopi satu ini berasal dari Indonesia.

Baca Juga :   Punya Kebun 4.365 Hektar, Petani Kopi Pasuruan Diberi Alat Modern

Harganya mencapai 160 dollar AS per pound atau Rp2,34 juta per pound. Mahalnya harga yang dibanderol dikarenakan proses produksi kopi satu ini tak sembarang dilakukan.

Yakni, setelah luwak mengeluarkan kotoran, biji kopi yang ikut keluar pun dibersihkan oleh manusia dan tidak menggunakan mesin, sehingga pemilahannya benar-benar maksimal. Setelah itu, biji kopi luwak digoreng dan diseduh. (trj/ono)