Ini 3 Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura yang Menakjubkan

140

Pasuruan (WartaBromo.com) – Puasa Tasua dan Asyura adalah dua amalan puasa sunnah yang paling utama di bulan Muharram. Ada beberapa keutamaan puasa Tasua dan Asyura bila Bolo menjalankan kedua puasa sunnah ini.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan suci (haram) dalam kalender Islam. Puasa yang dilakukan pada bulan ini dianggap sebagai puasa yang paling utama, setara dengan puasa di bulan Ramadhan.

Lantas, apa saja keutamaan puasa Tasua dan Asyura di bulan ini? Berikut dilansir dari nu.or.id:

1. Puasa Paling Utama Setelah Puasa Ramadan

Puasa Tasua dan Puasa Asyura termasuk dalam puasa yang paling utama di bulan Muharram, seperti yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya:

Baca Juga :   Anemia Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya

Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, yaitu Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.(HR Muslim).

2. Pahala 1 Hari Puasa Setara dengan 30 Hari

3. Mendapatkan Pahala 10.000 Malaikat

Salah satu keutamaan puasa Tasua dan Asyura yang juga luar biasa adalah Allah akan memberikan pahala 10.000 malaikat.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut:

Barang siapa berpuasa di hari Asyura (10 Muharam), maka Allah SWT memberinya pahala 10.000 malaikat. Dan, barang siapa berpuasa di hari Asyura (10 Muharam), maka ia diberi pahala 10.000 orang berhaji dan berumrah dan 10.000 pahala orang mati syahid. Barang siapa mengusap kepala anak anak yatim di hari tersebut, maka Allah SWT menaikkan dengan setiap rambut satu derajat. Barang siapa memberi makan kepada orang mukmin yang berbuka puasa di hari Asyura, maka seolah olah ia memberi makan seluruh umat Rasulullah SAW yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.(HR. Muslim)

Baca Juga :   Lupa Baca Niat, Apakah Puasa Kita Sah?

Itulah keutamaan puasa Tasua dan Asyura yang harus Bolo pahami. Jangan lupa untuk mengiringi ibadah lain seperti sedekah di bulan Muharram ini ya, Bolo (trj)