Pemkot Pasuruan Batal Bangun Skywalk di Alun-Alun

102

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rencana Pemkot Pasuruan membangun skywalk di Kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan batal. Pasalnya, setelah dilakukan kajian, rencana tersebut tidak diperkenankan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, Samsul Rizal mengatakan, tahun lalu rencana pembangunan skywalk dikaji di Bappelitbangda Kota Pasuruan.

Hasil kajian Bappelitbangda, menurut Rizal, tidak memperbolehkan pembangunan skywalk. Hal ini karena pembangunan skywalk dinilai bakal mengurangi luasan ruang terbuka hijau (RTH).

“Memang sebelum membangun yang monumental harus ada kajian dulu, diperbolehkan atau tidak. Ternyata skywalk dinilai tidak masuk,” kata Rizal, Senin (08/04/2024).

Sebelumnya, skywalk tersebut rencananya akan dibangun di sisi utara, timur, dan selatan alun-alun. Skywalk ini bakal difungsikan sebagai fasilitas kuliner bagi pengunjung alun-alun.

Posisi tersebut berdekatan dengan lokasi PKL berjualan. Bangunannya pun akan didesain sesuai dengan taman alun-alun yang terbuka dan hijau.

“Karena jika dibangun skywalk, taman alun-alun akan menyempit. Hasil kajian tidak memperbolehkan, ya sudah tidak kami anggarkan,” imbuh Rizal. (tof/asd)