Ribuan Jemaah Hadiri Haul Mbah Slagah

109
Ribuan Jemaah Hadiri Haul Mbah Slagah

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ribuan jemaah dari berbagai daerah memadati acara haul Mbah Slagah yang digelar di Kota Pasuruan pada Rabu (17/4/2024). Momentum tahunan dimanfaatkan para Jemaah untuk mendapatkan barokah.

Pantauan di lokasi, ribuan Jemaah nampak memadati titik utama Haul yang berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan sejak pukul 05.00 WIB.

Terlihat juga para Jemaah berada di jalan trotoar. Ada juga beberapa pedagang pernik islami di area Haul. Mereka berkumpul untuk melaksanakan doa bersama, membaca tahlil, dan mengikuti rangkaian kegiatan spiritual lainnya.

“Sejak jam 6 tadi datang, dari Grati, ngalah barokah tentunya,” kata Muhammad Ali, salah satu Jemaah Haul.

Baca Juga :   Tarif Pengobatan Ningsih Tinampi, dari Paling Murah hingga Termahal

Menurutnya, kehadiran dalam haul Mbah Slagah memberikan ketenangan dan kekuatan spiritual bagi mereka. Mereka merasa terhubung dengan nilai-nilai kehidupan yang diwariskan oleh Mbah Slagah.

“Ini tahun ke tiga saya, seneng tenang alhamdulillah, barokah,” ujarnya.

Kegiatan Haul ini juga dihadiri oleh tokoh agama mulai dari Habib Taufik Assegaf dan tokoh agama lainnya. Selain itu, Adi Wibowo, Wakil Walikota Pasuruan itu juga menghadiri acara Haul tersebut.

Diketahui, Mbah Slagah atau Sayid Hasan Sanusi ini adalah tokoh spiritual yang dikenal sebagai wali yang saleh, telah menjadi pusat spiritualitas bagi banyak orang. Haul Mbah Slagah merupakan ajang untuk memperingati hari wafatnya dan sebagai perayaan atas warisan keilmuan dan kebaikan yang ditinggalkannya.

Baca Juga :   Sepi Pembeli, Pedagang Pasar Kebonagung Menolak Portal Berbayar

Sementara itu, keselamatan dan kenyamanan menjadi perhatian utama panitia penyelenggara, terutama mengingat jumlah peserta yang begitu besar. Pengaturan lalu lintas dan keamanan di sekitar lokasi juga ditingkatkan untuk memastikan kelancaran acara. (don/may)