Pemkot Pasuruan Kejar Predikat Kota Informatif di Jawa Timur

41

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan terus berupaya memperbaiki indeks keterbukaan informasi. Salah satunya dengan menggelar pelatihan penyusunan daftar informasi publik.

Pelatihan tersebut digelar Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan pada Rabu (08/05/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh admin PPID pelaksana di masing-masing perangkat daerah. Mereka diberi pemahaman tentang penyediaan informasi publik yang harus disampaikan kepada masyarakat.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo mengatakan, keterbukaan informasi sudah menjadi hal yang penting saat ini. Masyarakat merasa perlu berpartisipasi di dalam jalannya pemerintahan.

“Apa susahnya terbuka. Masyarakat kritis terhadap kita karena merasa ikut memiliki dan perlu terlibat,” ujar Adi.

Ketika publik kritis terhadap penyediaan informasi, maka pemerintah harus menyikapinya secara positif. Melalui keterbukaan, publik bisa turut mengontrol. Justru jangan sampai pemerintah kebablasan karena publik abai.

Adi mengapresiasi langkah Diskominfotik Kota Pasuruan yang sebelumnya telah belajar kepada daerah-daerah lain yang berhasil memperoleh predikat sebagai kota/kabupaten informatif.

Dalam pelatihan ini, diskominfotik mengundang Komisioner Komisi Informasi Jawa Timur, Elis Yusniyawati sebagai narasumber.

“Dalam tiga bulan ke depan harus kelihatan hasilnya. Apalagi pihak komisi informasi siap mendampingi. Saya yakin SDM perangkat daerah yang ada tidak kalah dengan kota lain,” imbuh Adi. (tof)