Gedung SDN Wangkal 2 Terbakar

1691

Probolinggo (wartabromo.com) – Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) II Wangkal, Kecamatan Gading, Minggu (11/8/2019). Beruntung kebakaran di pagi hari Idul Adha itu, tak memakan korban jiwa.

Sekitar pukul 07.30 WIB, warga Desa Wangkal dikejutkan dengan kepulan asap dari komplek sekolah. Warga yang tengah bersantai usai salat Id kemudian berbondong-bondong ke lokasi. Ternyata sebuah gedung di dalam komplek sekolah terbakar. Dengan menggunakan alat ala kadarnya, warga berusaha memadamkan api.

“Ketika kejadian, saya makan-makan dan santai bareng keluarga. Terus ada ramai-ramai, setelah dilihat ternyata ada kebakaran di SD. Untuk pemadaman sendiri, warga bergotong royong, setelah api padam baru pemadam kebakaran datang,” kata Samsul Hidayat (54) warga sekitar.

Menurut Kepala SDN II Wangkal, Nur Hadi Purwanto, gedung yang terbakar adalah gudang pramuka. “Dikabari warga sekitar kalau terjadi kebakaran di sekolah. Setelah saya cek, ternyata gudang pramuka yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut,” ungkap Nur Hadi.

Ia mengaku bersyukur warga cepat bertindak, sehingga api tidak merambat ke gedung lainnya. Akibat kebakaran itu, alat-alat pramuka dan peralatan lain yang berada di gudang tersebut tidak tersisa. Diperkirakan kerugiannya senilai Rp30 juta.

“Untung saja api cepat dipadamkan oleh masyarakat, sekitar setengah jam, baru api mulai padam sehingga tidak sampai merembet ke gedung lain dan rumah warga. Kebakaran ini, kami duga akibat konsleting aliran listrik,” kata pria berkumis ini. (cho/saw)