Retas Situs Kemendagri, Pemuda asal Pandaan Dicokok Tim Siber Mabes Polri

3681

Jakarta (WartaBromo.com) – Tim Siber Bareskrim Mabes Polri menangkap pemuda asal Pasuruan. Pemuda ini diduga telah meretas situs resmi milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wadir Tindak Pidana Siber Bareskrim Kombes Asep Safruddin menjelaskan, pemuda berinisial ABS (21) ini diamankan di rumahnya, di Dusun Klampok, Desa Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pada Selasa, 24 September 2019.

ABS (21), selama ini dikenali sebagai aktivis defacer, dengan nama ‘security007’ di dunia maya. Didapati kerap mengutarakan rasa ketidakpuasan terhadap kerentanan suatu cyber security.

“Dan terhadap situasi negatif yang sedang berkembang belakangan ini,” imbuh Asep Safruddin seperti ditulis Detik.com, Jumat (27/9/2019).

Dituturkan, bila “sang hacker” memiliki beberapa akun media sosial selain juga blog. Pada akun dan media tersebut, ia menyediakan sejumlah tutorial peretasan, mengubah situs, sampai kemudian mengambil data suatu situs website.

Baca Juga :   Dihukum 1 Tahun 10 Bulan, Hacker dengan Kode "007" Ajukan Banding

ABS terlacak setelah beraksi mengubah tampilan situs Kemendagri dan menuliskan pesan kepada pemerintah, pada pada 22 September 2019.

Di hadapan penyidik, ABS mengaku aksi pembobolan situs tersebut dilakukan untuk menguji kemampuan IT yang dimiliki. (ono/ono)