Empat Komisi DPRD Kompak Kunker ke Solo

661
Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pasuruan. Foto: dokumen

Pasuruan (WartaBromo.com)- Kunjungan kerja (Kunker) dilakukan DPRD Kabupaten Pasuruan jelang tutup tahun 2019 ini. Tak tanggung-tanggung, empat komisi sekaligus menggelar Kunker dalam waktu bersamaan.

Entah sebuah kebetulan, lokasi Kunker yang dituju pun sama; Solo. Keempat komisi itu menjadikan Solo sebagai sasaran studi banding.

Keempat komisi yang dimaksud adalah Komisi I (Hukum & Pemerintahan), Komisi II (Ekonomi & Keuangan), Komisi III (Pembangunan dan Lingkungan), serta Komisi IV (Sosial, Pendidikan & Kesehatan).

Belum diketahui secara pasti apa agenda keempat komisi terkait kegiatan Kunker luar daerah yang dilaksanakan sesaat setelah masa reses itu.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan yang dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut tidak berkenan memberikan penjelasan. “Silakan langsung ke ketua komisi masing-masing,” terangnya.

Politisi PKB ini pun tidak menjawab saat ditanya apakah dirinya termasuk dalam rombongan tersebut. Pesan WhatsApp yang dikirim media ini hanya mengisyaratkan terbaca, tapi tidak berbalas.

Setali tiga uang, Ketua Komisi I Kasiman yang dikonfirmasi media ini tidak memberikan penjelasan, meski pesan melalui aplikasi percakapan mengisyaratkan tanda sudah terbaca.

Sementara itu, Ketua Komisi II Joko Cahyono yang dihubungi WartaBromo, mengatakan keberangkatannya ke Solo untuk melakukan kunjungan kerja dengan DPRD Surakarta.

Menurut Joko, Kunker itu diperlukan untuk sharing pengalaman terkait kinerja DPRD setempat dalam membangun sinergisitas dengan eksekutif terkait peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Kebetulan, mereka punya capaian yang bagus untuk itu,” kata Joko. Karena itu, selain dengan DPRD setempat, pihaknya juga menjadwalkan pertemuan dengan Disperindag terkait penerapan retribusi pasar secara elektronik.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Komisi III M. Zaini tak mengelak bila komisinya juga tengah menggelar Kunker ke kota yang pernah dipimpin Presiden Jokowi kala menjadi wali kota itu.

Menurut politisi PDIP ini, ada banyak kegiatan yang dijalani selama berada di sana. Namun, pihaknya tidak menyebutkan kegiatan dimaksud. “Ada banyak (kegiatan) ya Mas,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ruslan, ketua Komisi IV. Ia mengatakan, salah satu agenda Kunker adalah untuk studi banding terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit setempat.

“Karena kan kebetulan pelayanan di rumah sakit kita banyak dikeluhkan. Jadi kami ingin belajar bagaimana pelayanan kesehatan di sini,” jelas Ruslan yang sempat mengaku keberadaannya di Solo untuk menghadiri haul tersebut. (tof/asd)