AMSI Jatim Galang Bantuan APD untuk Jurnalis

432

Surabaya (WartaBromo.com) – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur ungkap keprihatinan terhadap wabah Covid-19, yang terus catatkan korban. Di lain sisi, organisasi perusahaan media siber ini juga mencermati pekerja media dan jurnalis yang tetap melakukan peliputan mengenai corona.

Pemerintah telah sampaikan imbauan berupa bekerja dari rumah (work from home/WFH). Tapi, menurut Ketua AMSI Jatim Arief Rahman, jurnalis tak bisa tinggal diam di rumah, harus tetap bekerja kumpulkan informasi dan sajikan berita.

“Ini sudah seperti situasi perang. Dan yang berada di garda depan bukan hanya tenaga medis dan paramedis, namun juga para jurnalis,” kata Arief Rahman, Kamis (26/3/2020).

Wartawan atau jurnalis, sekarang ini dinilai Arief, menjadi ujung tombak penyampai informasi akurat pada publik. Berita dan informasi terkait penyebaran virus Corona ini harus tersampaikan dengan baik pada masyarakat.

Pastinya, publik diharapkan bisa lebih peduli, berhati-hati, dan ikut berpartisipasi menekan angka infeksi dan kematian akibat wabah Covid-19.

“Mereka ini rentan sekali terpapar virus Corona, sedangkan alat pelindung dirinya tidak memadai,” imbuhnya.

Soal kerentanan itu, ia menyontohkan jurnalis yang sempat mewawancarai dan berinteraksi dengan Menhub dan Wali Kota Bogor. “Akhirnya ikut menjadi ODP,” kata dia.

Menyikapi hal ini, AMSI berinisiatif menggalang dukungan, berupa bantuan dalam pengadaan alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, serta suplemen kesehatan bagi para wartawan. AMSI Jawa Timur membuka diri, menerima bantuan atau sumbangan berupa APD dimaksud.

Inisiatif ini diwujudkan, menyusul semakin susahnya mendapatkan masker maupaun hand sanitizer. Kata Arief, APD yang didapatkan akan didistribusikan kepada para jurnalis media siber di Jawa Timur, yang bertugas menggali informasi terkait corona.

“Kami sangat mendukung social distancing, jaga jarak sosial dan bekerja dari rumah. Tapi bagi jurnalis media, banyak yang tidak punya pilihan, karena harus tetap terjun ke lapangan sebagai pejuang informasi,” kata Dwi Eko Lokononto, pengurus Badan Pengawas dan Pertimbangan AMSI Pusat, menambahkan. (ono/ono)

Bantuan dapat dikirimkan ke: SEKRETARIAT AMSI JATIM (08563117548 / 031-5667326) Jl. Ciliwung No. 65 Surabaya

TERIMA KASIH

#WartawanMelawanCovid-19 #LawanCorona #DiRumahSaja #MediaMelawanCorona #MediaMelawanCovid-19