Hoaks: Delapan Warga Kabupaten Pasuruan Pasien Positif Covid-19

5388

Pasuruan (WartaBromo.com)- Beredar infografis sebaran Covid-19 menghebohkan warga Kabupaten Pasuruan. Lengkap dengan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif korona.

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menegaskan bila infografis yang banyak beredar dari grup-grup WhatsApp itu tidak benar.

Perkembangan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia per 4 April. (Diunduh dari Covid-19.go.id pukul 18.00 WIB)

“Tidak benar itu. Itu hoaks,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Anang Saiful Wijaya, Sabtu (4/04/2020) sore. “Kami tidak pernah mengeluarkan data seperti itu, apalagi dengan alamat lengkapnya,” jelas Anang.

Dari pengamatan WartaBromo.com, gambar peta yang dibuat per tanggal 2 April 2020 tersebut dibuat cukup detail. Pada data Orang Dalam Pemantauan (ODP) misalnya, tertulis 13 orang.

Begitu juga dengan data Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tertulis sebanyak 24 orang. Termasuk pasien positif yang disebutkan mencapai 8 orang. Lengkap dengan alamatnya.

“Dari penyebutan alamatnya saja sudah pelanggaran. Makanya itu tidak benar, hanya membuat masyarakat resah,” sambung Anang.

Anang bilang, pihaknya masih melakukan penelusuran siapa yang membuat dan menyebarkan bohong itu. Termasuk dengan menggandeng pihak kepolisian.

“Sudah kami koordinasikan dengan kepolisian. Jika diperlukan, akan kami laporkan karena sudah meresahkan,” tegas Anang. (asd/asd)