Ini Deretan Makanan yang Umum untuk Sesajen

608

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hadirnya sesajen dalam sebuah ritual oleh sebagian orang dianggap hal penting. Pasalnya, sesajen merupakan bentuk persembahan untuk leluhur.

Beberapa sumber menyebutkan, sesajen dipercaya mendatangkan kelancaran, keberuntungan, atau bahkan menangkal hal buruk. Sebagai persembahan, sesajen biasanya terdiri dari beberapa makanan dan minuman. Apa saja sih makanan atau minuman yang sering dijadikan sesajen?

Pertama, kopi hitam. Kopi hitam tanpa gula hampir tak pernah ketinggalan dalam daftar sesajen. Menurut keyakinan masyarakat, kopi disuguhkan untuk para arwah leluhur yang datang.

Kedua, ayam cemani. Ayam yang identik dengan warna hitam di serluruh bagian tubuhnya ini dipercaya dapat menangkal sihir. Selain itu, ayam cemani juga disebut-sebut mendatangkan rejeki.

Ketiga, apel. Jenis apel yang digunakan sebagai sesaji cukup beragam. Mulai dari apel merah, apel hijau, hingga apel fuji. Keberadaan apel dalam sajian disebut-sebut mampu memberikan keselamatan dari tahun ke tahun.

Keempat, pisang. Selain apel, pisang juga sering ada dalam sesajen. Pisang dianggap memiliki keistimewaan. Itu lantaran pisang tak akan mati jika belum berbuah.

Kelima, kelapa. Kelapa memilki filosofi sebagai lambang kehidupan makmur dan sejahtera. Pasalnya, hampir semua bagian dari kelapa mulai dari daun, akar, buah, hingga batoknya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup.

Unik ya? (bel/ono)