Kabar Baik! 5.000 Rumah di Kabupaten Pasuruan Bakal Teraliri PDAM

671

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 5.000 rumah di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan bakal dialiri air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) tahun ini. Ditargetkan, seluruh Kecamatan di Kabupaten Pasuruan bakal menikmati layanan PDAM pada beberapa tahun ke depan.

Enam kecamatan itu yakni Kecamatan Lumbang, Rejoso, Gempol, Beji, Rembang, dan Kraton. Zaari, Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan mengungkap, beberapa persiapan dilakukan seperti Standart Pelayanan Minimal (SPM) dan pipanisasi.

“Persiapan sudah semua. Insya Allah maret sudah mulai dirasakan manfaatnya secara bertahap,” katanya.

Setidaknya ada sekira 5.000 rumah pelanggan baru PDAM. Beberapa wilayah dalam catatan wartabromo, masuk dalam daerah rawan kekeringan. Zaari pun optimis jika beberapa tahun ke depan, warga Pasuruan bisa menikmati kesegaran air PDAM.

“PR (pekerjaan rumahnya) banyak, karena pelayanan tidak akan pernah berhenti. Belum perbaikan sarprasnya, dan hal teknis lain yang menunjang operasional PDAM,” jelasnya.

Dijelaskan Zaari, pihaknya bakal bekerjasama dengan kelompok masyarakat desa yang teraliri air. Sebagai bentuk symbiosis mutualisme perihal konsep penjualan air ke pelanggan.

“Kita libatkan kelompok masyarakat yang ada di masing-masing desa sasaran. Intinya saling menguntungkan kedua belah pihak,” singkatnya.

Dalam catatan Zaari, saat ini pihaknya sudah mengcover 18 kecamatan. Yakni Rejoso, Gempol, Bangil, Prigen, Purwosari, Tutur, Nguling, Wonorejo, Grati, Purwodadi, Pandaan, Lumbang, Rejoso, Gempol, Beji, Rembang, Kraton, dan Sukorejo.

“Secara berkala kita akan terus berusaha memperluas pelayanan kepada pelanggan di Kabupaten Pasuruan,” singkatnya. (mil/may)